29 Okt 2017

IPA Aceh jajaki kerjasama dengan Anggota DPD-RI


Sekretaris IPA Aceh menerima Ghazali Abbas

Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) lahir pada kongres/muktamar Al Washliyah IX di Medan bertepatan dengan hari ulang tahun Al Washliyah pada tanggal 30 Nopember 1953 M atawa 12 Rabiul Awal 1373 H. Dalam perjalanan sejarahnya nomenklaturnya berubah menjadi Ikatan Putera Puteri Al Washliyah pada muktamar IPA IX di Bandung pada tanggal 27 Nopember 1997 M bertepatan dengan 27 Rajab 1418 H. 


Kini nomenklaturnya kembali menjadi Ikatan Pelajar Al Washliyah pada muktamar XI IPA di Bandung pada tanggal 19 Februari 2011 M bertepatan pada tanggal 16 Rabiul Awal 1432 H. Dalam menjalankan misi utama gerakan dakwahnya, IPA memiliki tujuanterbinanya pelajar muslim yang bertakwa, dinamis, kreatif, terampil, berpengetahuan, dan berwawasan luas serta menuntut kebahagiaan dunia dan akherat serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa untuk mewujudkan masayarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.

Menerima Kunker Anggota DPD RI
Untuk itulah Tgk.Zamaksyari, SHI Ketua DPW IPA Aceh periode 2017-2020 bersama Tgk. Basri MY,S.Sos.I Sekeretaris menggandeng Anggota DPD RI Asal Aceh, Tgk. Ghazali Abbas Adan yang juga Ayahanda dan Kader militan Ikatan Pelajar Al Washliyah. (Jumat, 27 Oktober 2017) di Markaz Al-Washliyah Aceh, guna pembinaan kader kepemimpinan IPA bagi pelajar se-Aceh. Berbagai ide, konsep sedang dan akan disusun oleh DPW IPA Aceh guna pembinaan kader kepemimpinan berkarakter Islami di bumi serambi Mekkah. Saatnya Ghirah perjuangan IPA Aceh harus bangkit, ungkap Basri MY.  

Sebagai informasi berdasarkan SK DPP IPA Nomor 016/PP.IPA/SK/KU-SJ/A/X/2007 Komposisi Pengurus DPW IPA Aceh, periode 2017-2020 sebagai berikut:

Penasehat/Pengarah
Ketua : H. Bahrom Mohd. Rasyid
Anggota : Drs. H. Jamaluddi T. Muku, M.Si
Anggota : Akhyar, M.Ag, Usamah El-Madni, S,Ag, MM, Zulfikar Al Zarqani, S.Ag dan Murdanu Muhammad.
Ketua : Zamaksyari, SHI
Wakil Ketua I : Hamzah, S.Sos.I’
Wakil Ketua II: Usman Ismail, MA
Wakil Ketua III: Malek Ridwan, S.Sos.I
Sekretari: Basri M.Yahya, S.Sos.I
Wakil Sekretaris I : Bustamam Usman, SHI, MA
Wakil Sekretaris II : Muhammad Syarif, S.HI.M.H
Wakil Sekertaris III : Zamzami, S, Sos.I, M.Si
Departemen Kader dan Organisasi
Ketua: Mawardi Ansari
Anggota: Juairiah, M.Pd, Asniati, S.Pd.I, Khuzaimah, Miswardi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Ketua : Umar Banta Ali, S.Sos.I
Anggota: Nurlaili, S.Pd.I, Asrijal, Fatimah Hanum, Nida Naswita dan Saifullah. R
Dalam menjalankan misi dakwahnya Sibghah/Kepribadian Kader IPA meliputi:
1.     Cinta akan ilmu pengetahuan. Setiap kader IPA harus selalu berteman dengan buku, bercanda selalu dengan ilmu, dan suka berada pada majelis-majelis ilmu pengetahuan.
2.     Cinta Ibadah.
Kader IPA harus suka mengerjakan yang sunnah-sunnah setelah yang wajib, sehingga tidak menjadi ilmiah saja tetapi menjadi ilmiah yang amaliyah, sehingga disanalah diharapkan nanti akan mendapatkan basyirah dari Allah SWT.
3.     Cinta Pergaulan. Nabi Muhammad SAW bersabda: “agama seseorang itu tergantung dari agama temannya” Orang bijak mengatakan: “berteman dengan tukang minyak wangi, maka kita akan menjadi wangi dan berteman dengan si pandai besi, badan kita akan berbau asap”. Berarti pergaulan itu dapat membentuk kepribadian seseorang. Karena itu kader IPA harus pandai memilah dan memilih dalam pergaulan.
4.     Berani mencoba. The Experient is The Best Teacher, percobaan itu merupakan guru yang paling besar, berani mencoba berarti membuka ilmu semakin luas. Karena berani mencoba/ melakukan penelitian dapat menghidupkan roh ilmu pengetahuan, karena memang demikian sifat ilmu semakin dikembangkan maka ia akan semakin berkembang dan semakin luas dan tiada habis-habisnya.

Tidak ada komentar: