11 Agt 2017

Disdik Dayah Banda Aceh Briefing Tgk. Dayah dalam Aspek Pemenuhan Usaha Kesehatan Dayah



Suasana Briefing Tgk Dayah
Berbagai  terobosan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh guna mewujudkan Dayah sebagai pusat peradaban nusantara. Komitmen untuk melakukan pembinaan Dayah/Pondok Pesantren dalam segala aspeknya menjadi fokus utama Disdik Dayah ungkap Zahrol Fajri, S.Ag, MH Plt Kadis Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh. 

Tentu upaya kearah peningkatan capasity building dayah termasuk penataan Usaha Kesehatan Dayah menjadi perhatian bersama. Sinergisitas Peran Lembaga Teknis lainnya seperti Dinas Kesehatan menjadi penting dalam rangka mewujudkan lingkungan Dayah sehat dan higenis sesuai standar kesehatan. Sebagai mana Keputusan  Bersama 2 Menteri yaitu Menteri Kesehatan dan Menteri Agama memberikan mandat pembentukan Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN), dimana Pembina Utama POSKESTREN tersebut adalah Kepala Puskesmas yang menjadi Locus keberadaan Dayah di masing-masing Kecamatan.

Dayah Madinatul Fata
Berangkat dari itulah pada tanggal 8 s/d 10 Agustus Dinas Pendidikan Dayah Aceh melakukan Pelatihan Usaha Kesehatan Dayah se-Aceh di Hotel Mekkah. Dimana Pesertanya terdiri dari Pimpinan Dayah/Wakil Pimpinan, Pengelola Unit Kesehatan Dayah serta Pejabat Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten/Kota.  Muhammad Syarif, SHI.MH Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh mengatakan nantinya Dayah yang telah dilakukan Pelatihan sesuai rekomendasi masing-masing Kabupaten Kota melalui Disdik Dayah akan diikut lombakan pada Kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdik Dayah Aceh. 

Lingkungan Belajar Dayah Madinatul Fata
Untuk Banda Aceh ada dua Dayah yang diikutkan pada tahun ini yaitu Dayah Madinatul Fata (Salafiyah) dan Dayah Darul Ulum (Terpadu/Modern). Penentuan Kriteria Dayah yang di ikutkan sesuai dengan hasil persyaratan yang ditetapkan oleh Disdik Dayah Aceh, untuk itu berdasarkan amatan hanya 2 Dayah itu yang layak diikut lombakan cetus Muhammad Syarif yang diamini oleh Saiful Bahri, S.Ag Kasi Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh. Untuk itulah guna mematangkan instrumen yang telah disusun oleh Disdik Dayah Aceh maka Disdik Dayah Banda Aceh melakukan Briefing bagi Tgk. Dayah yang akan diikutkan pada lomba tersebut.

Tidak ada komentar: