11 Agt 2017

Disdik Dayah Banda Aceh Bantu Laptop pada Dayah Liwaul Mukhlisin



Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh terus melakukan berbagai upaya dalam rangka peningkatan Tatakelola Dayah di Banda Aceh. Sejak dibentuk sesuai Qanun Nomor 1 Tahun 2016, berbagai aktifitas telah dilaksanakan demi terwujudnya kegemilangan Dayah. Sebut saja Program Jak Saweu Dayah, Pembuatan Data Base online, Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pimpinan Dayah, Workshop Manajemen Dayah, Fasilitasi Pelatihan Kompetensi Santri dan Guru Dayah, Peningkatan Sarana Prasarana Dayah dan Balai Pengajian, ungkap Zahrol Fajri, S.Ag MH Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh.

Disamping itu Disdik Dayah juga telah memfasilitasi Pembentukan Forum Pimpinan Dayah se-Kota Banda Aceh. Lebih Lanjut Zahrol mengatakan walau keberadaan Disdik Dayah baru efektif 4 bulan pasca restrukturisasi Kelembagaan Perangkat Daerah, kami terus berupaya melaksanakan amanah dengan sebaik mungkin.  Sementara Muhammad Syarif, SHI.MH Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh mengatakan saat ini Disdik Dayah Banda Aceh telah menjalin kemitraan dengan Bank Indonesia terhadap upaya penguatan capasity Building Dayah terutama aspek pemberdayaan Ekonomi dan Literasi. 


Berbagai strategis terus dilakukan agar Dayah di Banda Aceh menjadi salah satu Icon Nasional sekaligus menjadi Pusat Peradaban Nusantara. Disamping  itu Disdik Dayah Banda Aceh terus bersinergi dengan Kementrian Agama Kota Banda Aceh dan Disdik Dayah Aceh dalam pelaksanaan programnya. Disdik Dayah Banda Aceh juga telah berhasil memfasilitasi berbagai pelatihan yang bersumber dari Pemerintah Aceh antara lain: Pelatihan Aset, Penyusunan Laporan Keuangan Dayah, Manajemen Dayah, Pemberdayaan Ekonomi Dayah, Ilmu Komputer, Penyusunan Silabus/RPP, Usaha Kesehatan Dayah serta Peningkatan kualitas kecapan ketrampilan berbahasa Asing yaitu Arab dan Inggris. Bahkan dalam waktu dekat Tgk Dayah akan dikirim ke Gampong Inggris, Pare Kediri Jawa Timur. Tentu sinergisitas ini akan terus dijalin dengan Disdik Dayah Aceh serta Lembaga lainnya. 

Guna mewujudkan tata kelola Dayah yang modern, Disdik Dayah Kota Banda Aceh memberikan Bantuan Laptop kepada Dayah Liwaul Mukhlisin Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya. Tentu pemenuhan Sapras Dayah/Balai Pengajian akan terus ditingkatkan.  Irwansyah, ST Politisi Partai Keadilan memberikan apresiasi atas kinerja Disdik Dayah Banda Aceh yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.  Sementara Tgk. Iskandar Ibnu Hibban, S.Ag memberikan apresiasi dan terimakasih terutama kepada Irwansyah, ST yang selama ini banyak membantu Dayah melalui Dana Aspirasinya. Kami juga merasa keberadaan Disdik Dayah di Banda Aceh sangat terbantu terhadap pemenuhan Sarana Prasarana dan Peningkatan kualitas SDM di Dayah, ungkap Pimpinan Dayah Liwaul Mukhlisin

Tidak ada komentar: