3 Okt 2015

Pemko Banda Aceh Terima Penghargaan WTP Ketujuh dari Kemenkeu RI



Pemerintah Kota Banda Aceh kembali meraih piagam penghargaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2014. 

Penghargaan kali ketujuh yang diraih Pemko Banda Aceh secara berturut-turut sejak 2007 itu diserahkan oleh Menteri Keuangan RI Bambang Permadi Sumantri Brodjonegoro, kepada Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE di Jakarta, Jumat (2/10/2015).


Pada acara yang digelar di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI tersebut, juga turut hadir Menko Perekonomian Darwin Nasution dan Wamenkeu Mardiasmo. Selain Banda Aceh, Kemenkeu RI juga menyerahkan penghargaan serupa kepada 49 kota lainnya.

Menkeu Bambang Brodjonegoro sebelum menyerahkan penghargaan WTP 2015, mengatakan sudah saatnya Indonesia memasuki era baru pelaporan keuangan dengan penerapan akuntansi berbasis akrual agar pengelolaan keuangan negara dapat lebih baik, transparan, dan akuntabel.

Tahun ini, Kemenkeu RI menyerahkan penghargaan WTP kepada 287 instansi pemerintah yang terdiri dari 62 Kementerian/Lembaga, 26 Pemerintahan Provinsi, 149 Pemerintahan Kabupaten dan 50 Pemerintahan Kota.

Wali Kota Illiza seusai menerima penghargaan tersebut mengatakan, WTP merupakan bukti kinerja jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mengelola keuangan daerah. “Ini merupakan prestasi yang perlu dijaga dan dipertahankan. Ujian terberat adalah mempertahankan apa yang sudah kita raih hari ini,” kata Illiza.

Ia menambahkan, hal tersebut tak akan terwujud apabila semua pihak termasuk seluruh staf dan jajaran Pemko Banda Aceh bersungguh-sungguh di dalam bekerja. “Penerapkan sistem akuntansi berbasis akrual yang sudah kita jalankan saat ini tentu menjadi tantangan tersendiri, dan semoga kedepan kita terus istiqamah mempertahankan kinerja baik dalam hal tata kelola keuangan.”

“Ini juga menjadi bukti tanggung jawab kita kepada masyarakat dalam mengelola uang rakyat. Tentu kita tidak boleh mengelolanya dengan tidak sungguh-sungguh,” demikian Illiza Saaduddin Djamal.
Sebelumnya pada April lalu, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemko Banda Aceh 2014 dengan predikat WTP telah diserahkan kepada Wali Kota Banda Aceh oleh Kepala Sub Auditorat Aceh I BPK Perwakilan Aceh Syafruddin Lubis di kantor BPK Banda Aceh. (Irw/Jun)

Tidak ada komentar: