16 Apr 2015

KNPI Banda Aceh dan Makassar Buat Buku Sejarah Bugis-Aceh

Dalam rangka menggali nilai-nilai budaya dan sejarah antara Aceh dan Makassar, DPD KNPI Banda Aceh melakukan kerjasama dengan DPD Makassar guna menjalin kerja sama strategis bidang sejarah dan budaya.

Kamis (16/4/2015) dua pimpinan organisasi kota ini, meneken nota kesepahaman (MoU) pembuatan buku sejarah tentang perantau Bugis di Tanah Rencong.

MoU itu, diteken Ketua DPD KNPI Banda Aceh Hasnanda Putra, ST, MM dan Ketua DPD KNPI Kota Makassar Amran Mannahawu,SH di ruang pola Kantor Balai Kota Makassar Jl. Ahmad Yani, Makassar, yang turut didampingi Wakil Ketua Bidang Kajian Strategis Kepemudaan, Muhammad Syarif, S.HI.M.H.

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rijal MI serta beberapa pejabat struktural lainya dan 29 pejabat Pemerintah Kota Banda Aceh, sebagai peserta Diklat Kepemimpinan III Pemko Banda Aceh, menyaksikan MoU itu dalam rangka Benchmarking dengan Pemerintah kota Makassar, itu.

Malam ini, di Sekretaris KNPI Kota Makassar, pengurus KNPI kedua kota berbeda dan sama budaya ini, menggelar acara silaturahim dan dialog bersama di Sekteraiat KNPI Kota Makassar, Jl AP Pettarani, Makassar.
MoU untuk pembuatan buku sejarah antara Bugis-Makassar dan Banda Aceh ini, akan mengulas hubungan strategis sejarah dua kota berbasis religius, berjuluk Serambi Mekkah (Aceh) dan Serambi Medinah (Makassar) itu.


Masing-masing DPD KNPI nantinya akan mengumpulkan materi dan referensi. "Ini akan menggali sejarah kota masing-masing hingga kedekatan emosional, pemudanya akan semakin kental," kata Sekretaris DPD  Makassar, Irwan Ade Saputra.

Tidak ada komentar: