"Jika engkau bisa, jadilah seorang ulama. Jika
engkau tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Bila engkau tidak bisa menjadi
seorang penuntut ilmu, maka cintailah mereka. Dan jika kau tidak mencintai
mereka, janganlah engkau benci mereka." (Umar bin Abdul Aziz)
Tempat Kelahiran Imam Al-
Ghazali
Imam Al-Ghazali nama
lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang
terkenal dengan Hujjatul Islam (argumentator islam) karena
jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan
aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan
1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang
waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau dilahirkan dari
keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang pengrajin wol sekaligus
sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat
keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama dan
mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat kepada umat.
Itulah sebabnya, ayahnya
sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan saudarnya (Ahmad),
ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya, seorang ahli tasawuf
untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun dibesarkan dalam
keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa rendah atau
malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan,
dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan seorang sufi. Dan
diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai seorang sufi sampai
usia 15 tahun (450-456).
Pendidikan dan Perjalanan
Mencari Ilmu
Perjalanan imam Ghazali
dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada ayahnya beliau
belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di
Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada
teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi
kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh
selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah
nabi). Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau
belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar
dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau
belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan
Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya
bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazali (ushul al din) ushul fiqh,
mantiq, flsafat, dan tasawuf. Santunan kehidupan sebagaimana lazimnya waktu
beliau untuk belajar fiqh pada imam Kharamain, beliau dalam belajar
bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab, khilaf (perbedaan pendapat),
perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya
sebagai lautan yang luas.
Setelah imam kharamain
wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau
mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al-
khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al-
mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani
masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H.
imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain dari Ahmad Al-
Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah imam
al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya, beliau
mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada Yusuf Al
Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan dengan al-Juwaini
dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghafur itu Ismail Al-
Farisi, imam al-Ghazali menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam
Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah
diraih imam al-Ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya sampai dengan
wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam
al-Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah,
Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al-Ghazali
sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi
(w.477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, al-Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham
al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan ‘ulama.
Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin populer dan disegani
karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat
menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al
mungkiz min dahalal. Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam al Ghazali
mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn
miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam
karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun 488 H/1095 M,
imam al-Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap ilmu-ilmu yang
dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaanya dan
karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita penyakit selama dua
bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al-Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya
sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan
Baghdad menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota
Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau pihdah
ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan ibadah serupa. Sektelah itu
tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan menziarohi maqom Rosulullah
Saw.
Sepulang dari tanah suci,
imam al-Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus, disinilah beliau tetap
berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai berlangsung selama 10 tahun. Pada
periode itulah beliau menulis karyanya yang terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din”
the revival of the religious ( menghidupkan kembali ilmu agama).
Karena disebabkan desakan
pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang selam dua tahun.
Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk para
mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1 desember
1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi dalam
kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad saudaranya imam al Ghazali
berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan melakukan sholat, kemudian
beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia mengambil dan
menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku mendengar
dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap
kiblat.
Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu meninggal dunia
menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari senin 14 Jumadil
Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota
Thus.
Guru dan Panutan Imam Al-Ghazali
Imam al Ghazali dalam
perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam
Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn
Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al-Ghazali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At
Thusi, beliau mengajar imam Al-Ghazali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin
Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al
Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhari dan shahih
Muslim.
Dengan demikian guru-guru
imam Al- Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang tasawuf saja, akan tetapi
beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan
guru-guru beliau dalam bidang hadist.
Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali mempunyai
banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah nidzhamiyah di Naisabur,
diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn
Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali
Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian
setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara
karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim
Bin Ali Bin Abi Thalib Al Razi (w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’
‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada
imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al
Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al
khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin
Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga
menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al
Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H).
beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin
Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al
Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith fi
masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain
Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada imam Al-Ghazali.
Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.
Dengan demikian imam al-ghazali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid beliau kebanyakan belajar
fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi ulama besar dan pandai
mengarang kitab.
Karya-Karya Imam Al- Ghazali
Imam Al-Ghazali termasuk
penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan
mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah
(tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah
filsafah.
2. Tahaful al falasifah
(kekacauan pikiran para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad
di kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat
dan para filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar
almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin
(menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang
terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus,
Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal
(penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam
pikiran Al-Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam
ilmu serta jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah
(pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu
yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan
mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al
i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an
‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa
annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin
(rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang
pertengahan) .
17. Al wajiz (yang
ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’
makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi
nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh
al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qalil fibayan
alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan
tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi
islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul
(elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishas fi al
‘itishad (kesederhanaan dalam beri’tiqad).
25. Yaaqut at ta’wil
(permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
Kesetiaan Imam Al- Ghazali
Kepada Gurunya.
Walupun kemashuran telah
diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya dan tidak
meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al-Juwami
wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk, perdana
mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al-
nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, Al-Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham
Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan para
‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini, namanya semakin populer dan desegani
karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam Al-Ghazali diangkat
menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan dalam bukunya al
mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan tekunnya imam al-Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn
Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya terhadap filsafat terbukti
dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al Falasifah.
Pada tahun 488 H / 1095 M,
imam Al-Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap ilmu-ilmu yang
dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaannya dan karya-karya
yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita penyakit selama dua bulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar