7 Jun 2014

Klinik Athari; Solusi Alternatif Pelayanan Kesehatan Gratis

 Oleh : Muhammad Syarif*
Para dokter Klinik Athari

Ada kesan masyarakat Aceh selama ini, pelayanan kesehatan gratis prosedurnya berbelit-belit atawa tindakan yang diberikan oleh tim dokter saat pemeriksaan tidak memuaskan. Padahal tidak semuanya apa yang dipersepsikan oleh masyarakat benar adanya. Pengalaman perdana saat saya melakukan pemeriksaan kesehatan pada klinik Athari sungguh berbeda. Para tim medisnya muda, ganteng, cantik dan penuh kelembutan dalam memeriksa pasiennya. seluruh pasien mendapat penjelasan secara terang benderang tentang kondisi kesehatannya lengkap dengan alat peraga anatomi tubuh. Diskusi antara pasien dengan dokterpun sangat cair, penjelasan yang apik dan sangat komunikatif membuat saya jatuh cinta dengan Klinik Athari sehingga seluruh keluargaku menjadi Pasien tetap Klinik Athari sejak 7 juni 2014.  
Ada dua alasan penting kenapa saya menjadi pasien Klinik Athari Pertama: Selama ini kartu ASKES pribadi belum terpakai sejak PNS hingga sekarang, ini didasari karena untuk berobat dengan ASKES prosedurnya sangat berbelit-belit dan butuh waktu yang relatif lama, sementara Klinik Athari melayani Peserta ASKES dengan memuaskan.  
Kedua: Pelayanan yang diberikan oleh petugas medis sangat berbeda jika kita memakai jasa pelayanan ASKES, lebih baik membayar akan tetapi pelayanannya memuaskan. Sementara Klinik Athari tidak membedakan antara pasien umum (bayar) dengan pasien pengguna ASKES dan Pengguna Jasa layanan lainnya seperti Jamsostek, Jamkesmas, JKRA dsb yang ditanggung/dijamin oleh Negara.

Karta BPJS Kesehatan
Klinik Athari yang digagas oleh dr. Teuku Muhammad Yus, Cs (Dosen Fakultas Kedokteran Unsyiah) sejak tanggal 6 Februari 2014, kini bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) hadir di Kota Banda Aceh dengan semangat memberikan pelayanan yang professional dalam bidang kesehatan. Saat ini Klinik Athari beralamat di Jalan Rukoh Utama No.21, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh (Depan Pasar Rukoh), E-Mail: klinikathari@gmail.com

Untuk itulah agar masyarakat dapat dilayani secara gratis pada klinik tersebut maka syarat Utamanya harus memiliki Askes, Jamkesmas, Jamsostek, JKRA, kartu TNI/Polri. Pengguna kartu tersebut kemudian melakukan perubahan Faskes 1 pilih ke Klinik Athari atau dapat juga dengan cara memberikan kartu asli pengguna fasilitas Askes, Jamkesmas, Jamsostek, JKRA dan Fotocopy KTP untuk dirubah oleh petugas pelayanan kesehatan Klinik Athari. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanya kan langsung pada operator Klinik Athari dengan kontak 085297004851.


Selaku pasien Klinik Athari saya sudah merasakan mamfaatnya. Maklum selama ini kartu Askes saya tidak pernah terpakai sejak lulus PNS Tahun 2006 hingga 2014, karena malas dengan administrasi Puskesmas/Rumah Sakit yang terkesan sangat kaku dan berbelit-belit. Mendengar informasi bahwa Klinik Athari melayani warga Aceh yang memiliki Askes maka sejak itupula saya menjadi pasien Klinik Athari. Bagi masyarakat Aceh, Mahasiswa dan PNS dilingkungan Kota Banda Aceh dan Aceh besar, saatnya beralih ke Klinik Athari, anda penasaran…mari berobat ke Klinik Athari, dijamin puas dengan pelayanan yang diberikan oleh para medisnya.
 
drg. Eka Darmaputra, MARS (dokter Klinik Athari)
Adapun jenis pelayanan yang diberikan kepada pasien yang telah terdaftar pada BPJS meliputi:
1.   Unit Gawat Darurat (UGD)
2.   Rawat jalan
3.   Observasi/One Day Care (rawat satu hari)
4.   Pemeriksaan Gula Darah
5.   Pemeriksaan Asam Urat
6.   Pemeriksaan Cholesterol
7.   Operasi Kecil
8.   Home Care (Panggilan Ke Rumah)
9.   Sunat (sirkumsisi)
10.Perawatan Luka (wound care)
11.Membersihkan telinga (serumen prop)
12.Konsultasi kesehatan
13.Home Care (Periksa ke rumah)
14.Chek Up Kesehatan



*Pasien Klinik Athari, berdomisili di Peukan Bada-Kabupaten Aceh Besar
 

14 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah.. Klinik ATHARI dimana lokasinya pak? sy punya kartu jamkesmas... boleh ya dapat layanan gratis...

Anonim mengatakan...

Kalau pasien umum boleh berobat pak?

Anonim mengatakan...

Selamat kepada Klinik Athari sebagai salah satu komponen UTAMA dalam solusi pelayanan kesehatan primer

Ananda mengatakan...

Pak, klo kartu askesnya dari kabupaten lain blh g dpt rujukan dari athari, krn stiap berobat sy hrs plg kampung tuk ambil rujukan..mhn pencerahannya.?

Klinik Athari mengatakan...

Klinik Athari beralamat di Jl Rukoh Utama No 21,Gampong Rukoh, Banda Aceh... tepatnya seputaran Kopelma Darussalam

Klinik Athari mengatakan...

Klo kartu Askes/Jamkesmas anda trdaftar dipuskesmas di kabupaten lain bisa dirubah faskes I ke Athari, jadi selanjutnya anda tidak perlu lg rujukan dari kampung, klinik Athari akan mengeluarkan rujukan unt anda

Klinik Athari mengatakan...

Semoga klinik Athari bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat

Klinik Athari mengatakan...

Untuk pasien umum silahkan datang, tarif layanan umum Klinik Athari juga s sangat terjangkau... atau jika anda memiliki KTP dan KK Aceh, anda dapat mendaftarkan diri ke BPJS dengan menggunakan subsidi dana JKRA (khusu kelas III)III,atau anda juga dan bisa mendaftar dengan membayar sukarela sesuai kelas yang anda inginkan, info lengkap dapat diakses di www.bpjs-kesehatan.go.id

Hendra Moslem Nurdin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hendra Moslem Nurdin mengatakan...

Semoga Klinik athari mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, klinik athari yang saya ikuti terdiri dari dokter-dokter yang sangat berkualitas di kota banda aceh, adalah masih muda ( baca : belum bosan), artinya kinerja sangat baik. Dan semangat kerja ini akan sangat menyenangkan pasien. Sangat sulit sebuah klinik mendapatkan kepercayaan BPJS kesehatan.moga2 dengan BPJS ini mampu menjembatani masyarakat kurang mampu dengan BPJS. Harapan juga klinik athari kedepan akan embangun ruang rawat dan kamar operasi. (Dr.hendra Moslem Nurdin, PPDS Obstetri dan Ginekologi RS Soetomo Surabaya)

hanum yuli mengatakan...

mohon pejelasannya apakah Jadwal buka klinik Athari setiap hari atau bagaimana? atas informasinya diucapkan terimakasih

Klinik Athari mengatakan...

Ibu Hanum Yuli, Klinik Athari buka setiap hari 24 jam, termasuk hari minggu dan libur. Kita buka pukul 08.00 pagi sampai dengan 12.00 malam, sementara diluar jam tersebut itu masih on call

Anonim mengatakan...

kalo pemeriksaan gigi bisa ga

Zawirda Wirda mengatakan...

Hari ini apa bukak klinik ny pak ?