Salah satu persoalan krusial di Indonesia adalah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dalam dunia birokrasi, politik, pendidikan, perbankan dan sebagainya peran sumber daya manusia sangat menentukan dalam perjalanan maju mundurnya sebuah organisasi.
Pada tahun
2002, Feisal Tamin yang kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Pendayagunaan
Aparatur Negara, mengatakan bahwa dari 4 juta PNS, hanya 40% yang dikatakan
bekerja secara produktif. Sedangkan sisanya, sebesar 60%, masih harus dibenahi.
Seperti diketahui, Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk membayar gaji dan
tunjangan para PNS. Jika dikaitkan dengan angka yang disebut oleh Feisal Tamin,
tentu kondisi tersebut merupakan suatu hal yang menyedihkan karena merupakan
pemborosan anggaran. Pemerintah mengeluarkan angaran untuk sesuatu yang tidak
produktif.
Tentu banyak hal yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Salah satu hal mendasar yang perlu mendapat sorotan adalah kemampuan pemerintah dalam memprediksi kebutuhan pegawai. Kebutuhan pegawai dalam konteks ini tentu tidak hanya berkaitan dengan kuantitas, akan tetapi juga kualitas Sumber Daya Aparatur yang diperlukan.
Untuk mengatasi
problema diatas berbagai aturan telah dikeluarkan. Sebut saja aturan baru
tentang Analisis Jabatan adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun
2012 tentang Analisis Jabatan di lingkungan Pemerintahan Dalam Negeri dan
Pemerintahan Daerah yang kemudian di perkuat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun
2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Terminologi ANJAB
Menurut Hariandja,
”Analisis jabatan adalah usaha untuk mencari tahu tentang jabatan atau
pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dilakukan dalam jabatan
tersebut.” Sedangkan menurut Irawan, ”Analisis jabatan merupakan informasi
tertulis mengenai pekerjaan-pekerjaan apa yang harus dikerjakan oleh pegawai
dalam suatu perusahaan agar tujuan tercapai”.
Analisis
jabatan (job analysis) merupakan suatu proses yang sistematik untuk
mengetahui mengenai isi dari suatu jabatan (job content) yang
meliputi tugas-tugas, pekerjaan-pekerjaan, tanggung jawab, kewenangan, dan
kondisi kerja, dan mengenai syarat-syarat kualifikasi yang dibutuhkan (job
requirements) seperti pendidikan, keahlian, kemampuan, pengalaman kerja,
dan lain-lain, agar seseorang dapat menjalankan tugas-tugas dalam suatu jabatan
dengan baik.
Yuniarsih dan Suwatno, berpendapat sebagai berikut: ’Job analysis is the process of describing and recording aspects of jobs,… the purposes of a job, its major duties or activities, and the conditions under which the job is performed.’
Pynes,
memberikan pendapat mengenai analisis jabatan sebagai berikut: “A job
analysis is a systematic process of collecting data for determining the
knowledge, skills, abilities, and other characteristics (KSAOCs) required to
successfully perform a job and to make judgements about the nature of a
specific job”.
Dari definisi-definisi mengenai analisis jabatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis jabatan merupakan upaya untuk mendapatkan informasi mengenai suatu jabatan dan syarat-syarat yang diperlukan untuk dapat memegang jabatan tersebut dengan baik. Dari pengertian-pengertian tersebut, terlihat bahwa analisis jabatan merupakan suatu proses yang sangat penting dalam manajemen Kepegawaian, Ketatalaksanaan dan Kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah. Melalui analisis jabatan, akan diketahui berapa posisi/jabatan yang seharusnya ada dalam suatu organisasi dan kemampuan apa yang dibutuhkan oleh pemegang jabatan.
Urgensi ANJAB dan ABK dalam Manajemen Kepegawaian
Lahirnya UUASN
dalam rangka membenahi manajemen kepegawaian baik di pusat maupun daerah. Untuk
itulah menjadi penting dokumen Analisis Jabatan (ANJAB) dalam setiap Pengadaan/rekruitmen
pegawai negeri sipil.
Dalam Pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2012 menyebutkan bahwa :”Analisis Jabatan digunakan sebagai panduan bagi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah dalam rangka penataan kelembagaan, kepegawaian, perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan. Dasar ini kemudian diperkuat kembali dengan Lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UUASN). Pasal 56 menyebutkan setiap Instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.
Kalau seandainya Pejabat Pembina Kepegawaian di Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) tidak paham tentang itu, maka wajarlah kalau kondisi PNS didaerah belum tertata dengan baik. Rekrutmen, mutasi, promosi belum sesuai dengan aturan yang ada alias berlaku “mazhab nyoe awak loen gata kon awak loen”. Nyoe Timses loen gata lawan politiek loen”.
Kalau
ini terus dilakukan pembiaran, maka jangan berharap Kepala Daerah mampu
menjalankan visi dan misinya dalam membangun daerah sebagai mana yang
dijabarkan dalam dokumen perencanaan jangka menengah daerah (RPJMD).
*Penulis adalah Kepala UPTB Penilaian Kinerja PNS Kota Banda Aceh/Mantan Tim Penyusun ANJAB dan ABK Kota Banda Aceh 2008-2012, Konsultan Reformasi Birokrasi, Direktur Aceh Research Institute (ARI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar