28 Nov 2019

Dekgam Tokoh Olah Raga Aceh


Oleh: Muhammad Syarif, SHI.,M.H

H. Nazaruddin yang lebih dikenal Dekgam adalah salah satu Anak Muda Aceh yang kini menjadi Anggota DPR-RI beliau layak dinobatkan sebagai Tokoh Olahraga Aceh. Kecintaannya kepada Olahraga tidak diragukan lagi. Presiden Persiraja ini, kini kembali mengangkat marwah sepak bola Aceh ke kancah nasional.

Persiraja yang dulunya Jaya diera 80-an, kemudian redup bahkan mati suri. 12 Tahun penantian panjang, akhirnya di akhir 2019 Persiraja kembali diperhitungkan dalam event bergensi Liga 1. Ya, selaku bonek lantak laju saya bangga pada sosok politisi Partai Amanat Nasional. Dulunya Asesoris Lantak Laju meuhambo di Kutarja, lalu meredup di telan bumi.


Rakyat Aceh bangga saat masa-masa kejayaan Persiraja. Akankah kejayaan ini terulang kembali. Naluri mengatakan sangat berpotensi. Kepiawaian dan keberanian Dekgam dalam mengeluarkan uang pribadinya demi membesarkan Persiraja di kancah Nasional kini berbuah manis. Rakyat Aceh kembali bergemuruh. Kedatangan Dekgam bersama Tim persiraja di sambut dengan gegap gempita oleh Walikota Banda Aceh dan jajarannya. Kamis, 28 Nopember 2019, stadion Harapan Bangsa, Tim Persiraja dijamu dengan makanan kas Aceh, Kuah Beulangong. “Dibeudoh Bule” saat satu persatu Tim Persiraja di Panggil, Dekgampun tersimpu dan sumringah.

Dekgam sosok yang luar biasa dalam belantara persepak bolaan di Tanah Rencong. Sepak Bola adalah pemersatu. Tentunya selaku Politisi memahami betul kekuatan ini. Saya menyebutnya investasi modal sosial ala Dekgam berbuah manis. Saatnya ia memetik hasil. Bahkan sehari kemudia pasca Persiraja lolos liga satu. Iapun dapat satu surat cinta dari Ketua Umum DPP PAN mendapat amanah sebagai bendahara Umum Fraksi PAN MPR RI Periode 2019-2024. Ini kado terindah selaku Politisi Muda. Mungkin juga ini berkah atas kesungguhannya membesarkan Persiraja.
Bukan hanya itu Para Ketua Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR RI dan DPD RI asal Aceh, Nasir Djamil menyampaikan rasa haru dan gembira atas kembalinya bonden Aceh, Persiraja Banda Aceh ke Liga 1 Indonesia. 

"Raihan itu adalah bentuk komitmen dan kerja keras pengurus dan pemain Persiraja," kata Nasir Djamil di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).
Ia juga menyatakan, keberhasilan itu juga didukung oleh rakyat Aceh yang memberikan dukungan moral sangat besar.

Dalam pandangan Forbes, kembalinya Persiraja ke kasta tertinggi Liga Indonesia tidak lepas dari kepedulian dan tanggug jawab Presiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam. Ia sudah mencurahkan sepenuh pikiran dan tenaganya untuk Persiraja.
"Dek Gam telah membuktikan bahwa dirinya dan pengurus Persiraja mampu membanggakan rakyat Aceh," ujar Nasir.
Ia mengusulkan kepada Pemerintah Aceh agar Nazaruddin Dek Gam yang juga Bendahara Forbes dianugerahkan Pahlawan Sepak Bola Aceh Tahun 2019.

"Mengurus sepak bola itu tidak mudah. Selain harus mengeluarkan dana yang besar, menjaga pemain dan pelatih agar bisa nyaman dan kompak butuh kesebaran tingkat tinggi.
Nazaruddin Dek Gam telah membuktikan bahwa dia mampu melakukan itu. Karenanya Forbes menilai Dek Gam layak mendapat predikat Pahlawan Sepak Bola Aceh," demikian Nasir Djamil. Krue semangat Rakyat Aceh kini semakin bangga pada Dekgam, anak muda Leupung, Aceh Besar yang sangat layak dinobatkan sebagai Tokoh Olahraga Aceh

*Penulis adalah Bonek Lantak Laju yang kini mengabdi menjadi ASN Kota Banda Aceh





Tidak ada komentar: