12 Nov 2018

Santri Dayah Madinatul Fata Juara I Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kota Banda Aceh



Pelaksanaan Musabaqah Qiraatil Kutib (MKQ) Banda Aceh yang berlangsung sejak tanggal 9-11 Nopember 2018 di Komplek Dayah Inshafuddin diikuti oleh 54 peserta yang berasa; dari Dayah se-Kota Banda Aceh.  Kegiatan Lomba MQK Tingkat Kota Banda Aceh ini dibuka langsu Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Jumat (9/11).
Pembukaan MQK ditandai dengan pembunyian sirine oleh wali kota bersama Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota, Tgk Tarmizi Daud.



Kegiatan itu merupakan wujud dan komitmen Pemko Banda Aceh dalam merealisasikan visi dan misi Pemko Banda Aceh, di mana satu di antaranya bidang agama. “Lomba baca kitab kuning ini digelar sebagai bentuk komitmen kita mewujudkan Banda Aceh gemilang dalam bingkai syariah,” kata Aminullah Usman.
Wali Kota Banda Aceh mengatakan, kegiatan itu penting untuk mendorong meningkatnya SDM santri dayah, sehingga semakin memahami kitab kuning dan Islam lebih dalam. Karena banyak membahas hadis-hadis Nabi.
“Kolaborasi Pemko Banda Aceh dalam hal ini Dinas Pendidikan Dayah Kota dengan Dinas Pendidikan Dayah Aceh memperebutkan piala wali kota. Total uang pembinaan Lomba MQK kurang lebih 10 Juta. Kegiatan ini bersumber dari Dana Otsus Kab/Kota Tahun 2018.  

Tgk. Tarmizi Daud, S.Ag, M.Ag Kepala Dinas Pendidikan Dayah mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pimpinan dayah yang telah mendukung acara hingga sukses.  
Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim MQK Nomor 01/XI Tahun 2018 yang dibacakan Tgk. Muhammad Yasir, MA komposisi Juara adalah sebagai berikut:
Juara I Aulia Raihan berasal dari dayah Madinatul Fata
Juara II Hasbi Harizi berasal dari Dayah Raudhatul Hikmah Al-Waliyah
Juara III Putra Ilham berasal dari Dayah Darul Fikri Al-Waliyah
Harapan I Zulfikar berasal dari Dayah Madinatul Fata
Harapan II Susanti berasal dari Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah
Harapan III Rahmayanti berasal dari Dayah Darul Ulum
Harapan IV Hamzah Fansuri berasal dari Dayah Terpadu Inshafuddin

Sementara Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen mengatakan kegiatan ini nantinya menjadi agenda Tahunan Disdik Dayah Kota Banda Aceh dan Juara I akan mewakili Kota Banda Aceh untuk mengikuti Lomba MQK Antar Santri Dayah se-Aceh yang berlangsung sejak tanggal 14 s/d 17 Nopember 2018 di Grand Aceh Hotel Syariah Jl. Ir. Moh Taher Nomor 22 Lamdom Kec. Lueng Bata Kota Banda Aceh.

Tidak ada komentar: