7 Agu 2018

Saiful Bahri, S.Ag Sang Legendaris Disdik Dayah Banda Aceh


Oleh: Muhammad Syarif*

Sang Legendaris
Pemuda mungil yang selalu sumringah ini bernama Saiful Bahri,S.Ag Alumni Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry yang kini berubah menjadi UIN Ar-Raniry adalah sosok legendaris dipusaran pentadbiran Tata Kelola Dayah, TPA dan Balai Pengajian.
Sejak Tahun 2009 membidangi tupoksi di bidang Dayah, TPA dan Balai Pengajian (BP) yang kala itu melekat menjadi tugas pokok dan fungsi pada Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh. Kalau bicara tentang Data Dayah, BP dan TPA beliau layak disebut juru kunci. Semua pimpinan Dayah terekam wajah dan nomor contak person. Maklum ia wara-wiri dalam "Jak Saweu" Dayah, TPA dan BP dilingkungan Kota Banda Aceh. Tidak ada orang dayah yang tidak mengenal sang legendaris.



31 Desember 2016, Cek Pul resmi bergabung dengan Punggawa Disdik Dayah Kota Banda Aceh. Dimana kala itu Dinas Syariat Islam melahirkan satu bayi mungil yang bernama Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, sesuai Qanun Kota Banda Aceh Nomor 11 tahun 2016, diundangkan dalam Lembaran Daerah  28 Nopember 2016.
Komposisi kabinet utama Disdik Dayah Kota Banda Aceh ditransper dari ASN lingkungan Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh. Level Kasi dan Kasubbag di dominasi Pegawai Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh.
Legendaris Menyerahkan Bonus Santri Tahfidz

Bersama Legendaris Bantu Dayah Mini Aceh
Selaku orang baru tentu saya lebih banyak belajar pada cek pul terutama dalam rangka menyelami dunia Dayah, BP dan TPA. Maklum masuk rumah baru yang belum tahu seluk beluk dan masih perlu memahami medan yang luas. Cek Pul lah yang selalu mengawal kami dalam menunjuk arah dimana lokasi Dayah, BP dan TPA.  Hari berganti dan waktu pun berputar. Berkat data sajian Cek Pul saya mengolahnya menjadi menu utama guna diracik dengan paket Gemilang. Semua serba cepat. Karena kami para punggawa Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh sudah terbiasa dengan gerakan cepat. Asal ada menu utama, olahan dengan berbagai variannya dengan mudah diolah menjadi menu spesial sesuai target pimpinan.

Alhamdulillah dan terimakasih Cek Pul, berkat sang legendaris kami mampu menyajikan menu spesial paket gemilang menuju kejayaan Dayah di Kutaraja. Tabek buat sang legendaris.

*Penulis adalah Kolega Utama Sang Legendaris/ Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh/Mantan Kepala UPTB e-Kinerja PNS Kota Banda Aceh

Tidak ada komentar: