20 Feb 2018

Habib Abdul Rahman Bin Hafidz sambangi Dayah Mini Aceh

Rombongan Habib Abul Rahman yang berasal dari Yaman, Senin 19 Februari 2018 tiba di Aceh pada pukul 09.30 pagi dengan pesawat firefly 3401 dari pulau pinang Malaysia, setelah mengisi ceramah di beberapa tempat di Banda Aceh dan Aceh Besar lalu pada malamnya Habib beserta rombongan singgah ke Dayah Mini Aceh pimpinan Tgk. H. Umar Rafsanjani, Lc. MA di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh untuk bersilaturrahmi dengan keluarga besar Dayah Mini Aceh dan juga dengan Ketua Umum Ikatan Alumni Timur Tengah Tgk. H. Fadhil Rahmi, Lc. dan Buya Mustafa Husen Woyla yang merupakan Guru Besar Dayah Darul Ihsan Tgk. H. Hasan Krueng Kalee, Aceh Besar.


Di dampingi oleh Sayyid Salim Al Atthos asal Malaysia dan beberapa Habaib yang lain, Habib  Abdul Rahman memberikan wejangan dan nasehat kepada semua santri dan seluruh jama'ah yang hadir di antaranya adalah pesan agar senantiasa menjaga ilmu Allah yang selama ini telah jadi laksana mutiara yang mulai luntur kilauannya akibat ditutupi oleh kabut kejahilan masyarakat itu sendiri.

Dengan metode pemondokan di Dayah seperti ini maka ilmu agama itu dengan mudah sekali bisa didapati dan dijaga oleh penuntut ujar Habib Abdul Rahman yang ternyata adalah adik dari Habib Umar Bin Hafidz yang masyhur itu. Sistem belajar di Aceh sama persis seperti yang berlaku di Yaman karena sanad dan silsilah keilmuan itu sudah sangat valid dan teruji pungkasnya.

Menjawab pertanyaan Tgk. Muhammad Balia, Habib menjelaskan bahwa alasan ia memilih Aceh diantara destinasi utama dakwahnya adalah karena antara Yaman dan Aceh punya hubungan kusus semenjak jaman dulu sampai sekarang dalam penyebaran agama islam. Banyak orang-orang berketurunan yaman juga tinggal dan menetap di Aceh sehingga rasa emosional itu sangat kental dirasakan.

Insya Allah suatu saat nanti Dayah Mini Aceh ini akan menjadi salah satu sumber rujukan keilmuan dalam menyelesaikan segala problema yang terjadi dalam masyarakat, ungkap Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh. Amin!

Tidak ada komentar: