20 Feb 2018

Doktor Rahmadon menyampaikan Orasi Ilmiah pada Yudisium FAI USM


Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh hari ini (20/2/2018) melaksanakan Yudisium Perdana. FAI merupakan Fakultas yg bertransformasi dari 3 Fakultas Keagamaan dalam lingkungan USM di bawah koordinator Kopertais Wilayah V Aceh sesuai dengan Keputusan Rektor USM
Dekan FAI. Dr Andri Nirwana MA dalam sambutannya menyatakan bahwa mahasiswa yang diyudisiumkan hari ini berjumlah 25 Orang dari 4 prodi yang ada. Jumlah ini menjadi lebih sedikit dari Yudisium yang lalu.
Dekan mengharap Mahasiwa yudisia supaya dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari PT dengan maksimal dalam masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai ketaqwaan dan amanah integritas dan jiwa interprenership.
Bersama DR. Rahmadon di Forum Rakor PD Pontren
Dr Rahmadon, M.Ed tampil menyampaikan Orasi Ilmiah dalam acara tersebut.
Dalam Orasinya Rahmadon memaparkan tantangan yang harus dihadapi para Lulusan dan juga Perguruan Tinggi dewasa ini dalam fungsi mengambil peran dan bekerjasama di dunia nyata.
Ia menyebutkan lulusan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia hari ini hanya mampu mengisi 11% jumlah angkatan kerja nasional, dan diperkirakan angka itu hanya naik 3% nanti pada tahun 2030. Malaysia saja saat ini berada di 22%. ini menjadi tantangan serius bagi lulusan dalam merebut lapangan kerja.

Lima hari yg lalu Presiden Jokowi menyampaikan ‘ancaman’ akan memberikan ruang bagi universitas asing di Indonesia apabila PT tetap tidak mau berinovasi dalam mengembangkan Peran menghasilkan lulusan yang mampu berdikari dan mandiri.”
ini merupakan tantangan serius bagi lulusan PT.
Dr Rahmadon, yang merupakan alumni S3 universitas Sennar Sudan ini mengatakan, perlu kerja keras yang nyata dari PT dan seluruh lulusan dalam hal menjawab tantangan yang sedang mengancam ini. Berinovasi dalam setiap langkah kerja dan capaian yang ditetapkan Universitas merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Para mahasiswa harus dibekali dengan pengetahuan Intepreunership yang tepat dan pemahaman nilai-nilai Luhur dan jiwa leadership yang mumpuni sehingga mampu bersaing secara global.
Acara Yudisium tersebut turut dihadiri oleh Rektor USM yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Ir T Makmur, MA, Kepala Biro Univeritas Serambi Mekkah para ketua prodi dan dosen    Serta segenap civitas akademika Fakultas tersebut.

Tidak ada komentar: