17 Jan 2018

Melirik mamfaat kerupuk “Jangek” pemberian santri dayah



Kerupuk Jangek Pemberian Santri.
Rezeki tidak mungkin bergeser, demikianlah ungkapan Nektuku, kala masih anak-anak. Saat berkunjung ke Dayah Liwaul Mukhlisin, Gampong Lamlagang, (17/1/2018) kami di berikan bingkasan kerupuk jangek, atawa kerupuk kulit.
Kerupuk ini lazimnya di olah dari jangek sapi dan jangek kerbau. Yang menarik olahan kerupuk ini di racik oleh santri Dayah. Alah mak, rezeki anak saleh ungkap Nazar, punggawa Disdik Dayah Banda Aceh.


Cie, duo dan tigo, “Kerupuk” sepertinya merupakan salah satu jenis camilan yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan sepertinya, sebagian besar masyarakat Indonesia tidak nikmat makan tanpa ada kerupuk sebagai teman makan. Maka dari itu, penjualan kerupuk pun sangat laris di Indonesia dan saat ini banyak sekali produsen-produsen kerupuk yang sukses dan berhasil menyuplai kebutuhan kerupuk.

Kerupuk  yg sudah diolah
Salah satu jenis kerupuk yang primadona dan menjadi favorit rakyat Aceh adalah kerupuk jangek kerbau. Sesuai dengan namanya, kerupuk jangek ini berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. Kerupuk jangek diolah dengan bahan dasar dari jangek hewan. Biasanyanya, jangek hewan yang digunakan adalah jangek sapi, jangek kerbau dan jangek kambing.
Kerupuk jangek memiliki tekstur yang renyah dan garing, dengan bentuk yang biasanya kotak dengan rongga-rongga. Biasanya kerupuk ini diolah dengan cara digoreng, dan dapat dimakan langsung, karena memiliki rasa yang gurih dan lezat. Selain itu, harga jual dari kerupuk jangek ini juga relative murah, sehingga makin banyak disukai oleh masyarakat.

Manfaat dari Kerupuk Jangek :
Kerupuk jangek sendiri ternyata memiliki manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari kerupuk jangek? Ini lho mamfaatnya sobat muda :

1. Menyembuhkan maag
Salah satu manfaat paling penting dari kerupuk jangek adalah dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Jadi, apabila anda sering mengalami gejala maag, maka cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk jangek setiap gejala tersebut muncul. Hal ini terbukti, dengan mengkonsumsi kerupuk jangek, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung akibat dari serangan maag dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

2. Sebagai camilan dan teman makan
Inilah salah satu manfaat dari kerupuk jangek yang paling cocok dengan masyarakat Indonesia. Ya, Kerupuk jangek seringkali dimanfaatkan sebagai camilan dan juga teman makan. Rasa yang gurih dan juga renyah dapat meningkatkan selera makan dan juga dapat membuat segala jenis makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.
Selain itu beberapa produsen kerupuk jangek juga menambah bumbu tertentu pada kerupuk jangek dan mengemasnya ke dalam kemasan tertentu untuk dijual sebagai camilan. Camilan kerupuk jangek ini sangat diminati oleh anak-anak yang senang dengan jajanan semacam itu.

3. Mengobati rasa pedas
Apabila anda sedang makan sesuatu yang pedas dan anda kepedasan dan tidak kuat menahannya, daripada meminum air hingga merasa kembung, ada baiknya anda coba untuk mengkonsumsi kerupuk jangek ini. Kerupuk jangek memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi.
Selain karena prosesnya yang digoreng dengan minyak, kerupuk jangek juga memiliki pori-pori yang besar, yang menyimpan minyak dalam jumlah banyak. Minyak merupakan salah satu zat yang dapat menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh capcaisin pada cabai.
Kerupuk Jangek

4. Bahan campuran makanan
Anda pernah makan sambal goreng krecek. yap, apa yang anda kenal dengan istilah krecek itu adalah kerupuk jangek. Ini merupakan salah satu pemanfaatan dari kerupuk jangek, yaitu sebagai bahan utama dalam pembuatan masakan nusantara, salah satunya adalah sambal goreng krecek.

5. Tinggi akan kandungan protein
Kerupuk jangek merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk jangek ini adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Anda dapat memperoleh asupan protein dengan mengkonsumsi kerupuk jangek. Protein sendiri memiliki banyak sekali manfaaaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari protein? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein :
  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Baik untuk meningkatkan massa otot
  • Baik untuk pertumbuhan dan juga regenerasi sel-sel tubuh
  • Baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh
6. Baik untuk kesehatan dan juga pertumbuhan tulang
Ya, ternyata kerupuk jangek juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini disebabkan karena kerupuk jangek memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga baik bagi remaja yang masih berada di dalam masa pertumbuhan.(diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: