6 Okt 2017

Punggawa Disdik Dayah Banda Aceh dampingi Tim Penilai Dayah bersih



Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Zahrol Fajri, S.Ag, M.H. Setelah sukses melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka menata kelembagaan dan tata laksana Dayah/Pesantren di Kota Banda Aceh,  punggawa Disdik Dayah Kota Banda Aceh mendampingi "tim penilai dayah bersih dan sehat" guna melakukan penilaian Dayah bersih dan sehat sebagai bagian dari menjadikan dayah sebagai pusat Peradaban Nusantara.

Rombongan Tim yang terdiri dari 3 orang ini, terdiri dari berbagai disiplin ilmu diantara tenaga Ahli bidang kesehatan, Lingkungan Hidup, serta tenaga Ahli bidang Penyehatan Air Bersih. Ini merupakan program tahunan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, ungkap Irwan, SHI Kasi Manajemen Dayah. Ridawati, M.Sc selaku Tim Penilai memberikan beberapa catatan perbaikan kepada Dayah Darul Ulum dan Dayah Madinatul Fata yang sudah 2 kali mengikuti lomba Dayah bersih dan sehatm, ungkap Fakar Sanitasi ini. Secara umum Dayah Darul Ulum, Jambo Tape Banda Aceh telah banyak mengalami kemajuan. 

Zahrol Fajri, S.Ag.MH Plt. Kadis Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh menyampaikan bahwa Disdik Dayah saat ini telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pemenuhan Dayah sehat dan bersih dengan menjalin kemitraan dengan Kementrian PUPR. Tahun 2018 Disdik Dayah Banda Aceh telah mengusulkan 5 Dayah sebagai pilot project pemenuhan Sumur Sollar Cell (Air bersih siap saji) yang bersumber dari APBN dan Dayah Darul Ulum salah satu yang mendapat prioritas utama, ungkap Zahrol Fajri kepada tim Penilai Dayah sehat dan bersih.

Tim telah melakukan penilaian maraton pada 23 Kabupaten Kota di Aceh dan Banda Aceh serta Aceh Besar merupakan terminal akhir dari penilaian ini. Sementera Tgk. Luqmanul Hakim Pimpinan Dayah Darul Ulum, mengucapkan terimakasih atas keseriusan Disdik Dayah Banda Aceh dalam melakukan pembinaan Dayah, dan kami sangat terbantu. Baru-baru ini kami memperoleh bantuan BI Corner  dan Penghijauan Dayah berkat fasilitasi dari Disdik Dayah Banda Aceh, ungkap Firman, Amd Pengelola Unit Kesehatan Dayah Darul Ulum. Firman berharap kedepan Dayah ini akan terus mendapat perhatian dari Disdik Dayah. Permintaan ini direspon positif oleh Zahrol dan diamini langsung oleh Muhammad Syarif, SHI.MH Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh. (SM)

Tidak ada komentar: