6 Sep 2017

DR. T. Muttaqin dkk, Dosen Hukum Unsyiah luncurkan Ijtihad Akademik



Bersama tuan guru DR. T.Muttaqin, SHI,MH
Salah satu tradisi Ijtihad Akademik adalah melahirkan karya besar pada Dosen. Tradisi ini semakin terasa di Tahun 2015 akhir. Kini Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali luncurkan 6 buku karya dosen fakultas tersebut, Selasa (5/9).

Peluncuran buku  Karya Dosen tersebut dihadiri para dosen Fakultas Hukum Unsyiah, pengurus Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKAKUM) Universitas Syiah Kuala, para notaris, para pengacara, para mahasiswa Magister Ilmu Hukum (MIH), Magister Kenotariatan (M.Kn), Doktor Ilmu Hukum (DIH) Fakultas Hukum Unsyiah, dan para alumni.


Panitia penyelenggara kegiatan peluncuran bukum Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., MA yang juga sebagai Wakil Dekan (Wadek) I Fakultas Hukum Unsyiah menyampaikan sangat bersyukut atas keberhasilan dosen Hukum Unsyiah menyusun enam buku pada tahun 2016 dan 2017.
"Hadirnya buku-buku tersebut merupakan wujud manifestasi Tridarma Perguruan Tinggi Fakultas Hukum Unsyiah khususnya di bidang Penelitian yang kiranya dapat bermanfaat dalam membangun Aceh," sebut Azhari Yahya.

Prosesi Peluncuran buku
Dr. T. Muttaqin, SHI,M.H mengatakan dalam presentasi pengantarnya, bahwa buku ini merupakan hasil kontemplasi selama 1,5 Tahun berdasarkan penelitiaannya pada beberapa Daerah di Nusantara, tentu ada teori baru yang coba saya angkat yaitu Teori Zat, ungkap Kader HMI Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, lebih lanjut Muttaqin mengatakan seluruh keuntungan dari penjualan buku ini akan di donasikan pada program cet langet rumoh dhuafa yang digagas Edi Fadhil, SH.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unsyiah Prof. Dr. Ilyas Ismail, S.H.M.Hum, dalam sambutannya mengatakan suatu kehormatan dan kado terindah bagi Fakultas Hukum Unsyiah seiring dengan hadirnya buku karya para dosen Fakultas Hukum Unsyiah.

"Peluncuran buku tersebut seyogyanya dapat menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi para dosen Fakultas Hukum Unsyiah lainnya dalam menghasilkan berbagai karya ilmiah lainnya seperti buku dan lainnya," kata Ilyas Ismail.

Adapun buku yang diluncurkan meliputi
1. Hukum Adat Perkembangan dan Pembaharuannya di Indonesia oleh Dr. T. Muttaqin Mansur, S.H., MH
2. Rekonstruksi Hukum Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia dan Sisi Lain Ulayat Laut oleh : Sulaiman Tripa, S.H., M.H
3. Hukum Perdata Indonesia dalam Perkembangannya oleh Kadriah, S.H., M.Hum, Indra Kesuma Hadi, S.H., M.H, dan Susiana, S.H., MH.
4. Hukum Asuransi Indonesia oleh Ilyas, S.H., M.Hum, Ishaq, S.H., MH, dan Yunita, S.H., LL.M
5. Ilmu Perundang-undangan oleh : Mohd. Daud Yoesoef, S.H., M.H, M. Zuhri, S.H., MH, dan Andri Kurniawan S.H., MH.
6. Hukum Ulayat Laut karya DR. M. Adli Abdullah, M.Cl

Sumber: diolah dari Portal: http://www.ajnn.net

Tidak ada komentar: