27 Mei 2015

Peserta Diklat PIM IV Kota Sabang Kunjungi UPTB PK PNS



Dalam rangka pendalaman materi Berfikir Kreatif dan Inovasi peserta Diklat PIM IV PNS dilingkungan  Kota Sabang yang bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV Republik Indonesuia (PKP2 LAN Aceh-RI), sebanyak 35 orang berkunjung ke ruang kerja UPTB Penilaian Kinerja PNS,  Selasa 26 Mei 2015.

Kedatangan para peserta Diklat PIM IV dalam rangka mendalami pelaksanaan program e-kinerja yang telah berlangsung selama  4 Tahun, sejak Tahun 2012 hingga sekarang.

Safruddin selaku koordinator rombongan yang mewakili PKP2 LAN Aceh-RI dalam sambutannya mengatakan apa yang diterapkan saat ini dalam rangka menilai kinerja PNS sungguh luar biasa, bahkan program e-kinerja PNS yang telah meraih salah satu penghargaan nasional di bidang Pelayananan Publik Tahun 2014 dari Kementrian PAN dan RB, kami menilai layak ditularkan di seluruh wilayah nusantara.
Lebih lanjut kedatangan rombongan peserta Diklat PIM IV ini juga nantinya mampu menginpirasi peserta dalam merancang proyek perubahan sebagai tugas akhir.

Sementara Dra. Emila Sovayana, Kepala BKPP Kota Banda Aceh memberikan apresiasi atas kunjungan peserta Diklat PIM IV, dengan harapan apa yang baik dapat dibawa pulang sebagai referensi dalam penerapan agenda reformasi birokrasi. Turut hadir mendampingi kegiatan tersebut antara Lain: Muhammad Syarif, S.HI.M.H, Kepala UPTB Penilaian Kinerja PNS, Nurhasanah, M.Si, Kabid Diklat pada BKPP, Drs. Juswardi Yakob, MM Sekretaris BKPP.


Muhammad Syarif, S.HI.,M.H-Kepala UPTB Penilaian Kinerja PNS menjelaskan tentang historis penerapan program e-kinerja PNS serta prosedure dalam melakukan penilaian kinerja PNS. Lebih lanjut syarif mengatakan sejak program e-kinerja ini berjalan 2 Kementrian telah mengadopsi serta melakukan modifikasi atas penerapan e-kinerja yaitu: Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian PAN dan RB serta kurang lebih 56 Lembaga/Daerah telah mendalami program ini antara lain: Pemerintah Aceh, Pidie Jaya, Kota Subulussalam, Kota Bogor, Kabupaten Bandung, LAN Bandung, LAN Aceh, Univ. Indonenesia, Univ. Islam Negeri Ar-Raniry, Univ. Malikussaleh, LP3i Banda Aceh, Univ. Syiahkula, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT-Bandung), Serdang Bedagai, Bayuwangi, Pemkab Gresik, Pemkab Lamongan, Pemkab Kutai Timur, Pemkab Bayu Asin, Pemko Suka Bumi, Pemko Cimahi, Kutai Timur, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Timur, BPKS, Tanggerang Selatan, serta Palang Karaya.

Syarif juga menjelaskan saat ini ada 3 Daerah/Institusi yang mengadobsi e-kinerja PNS milik Pemko Banda Aceh antara lain: Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Bayuwagi serta Badang Pengusahaan Kawasan Sabang. Tentunya selaku anak negeri merasa senang atas usaha yang selama ini dijalankan akhirnya mendapat lirikan dari luar daerah.

Selama kegiatan berlangsung diskusi mengalir dengan cair. Para peserta Diklat PIM IV secara langsung dapat melihat cara kerja Tim penilai e-kinerja PNS serta memperoleh ilmu fraktis mekanisme penilaian kinerja PNS. Diakhir pertemuan seluruh peserta melihat cara kerja tim penilai e-kinerja PNS di ruang UPTB Penilaian Kinerja PNS Lt.2 Gedung BKPP Kota Banda Aceh.

Tidak ada komentar: