21 Mar 2015

Pemko Banda Aceh Laksanakan Diklat PIM III Pola Baru




Dalam rangka memantapkan kepimimpinan taktikal bagi pejabat yang menduduki Jabatan eselon III dan Calon Pejabat Eselon III di lingkungan Pemko Banda Aceh melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Banda Aceh melaksanakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III (Diklat PIM III) Pola Baru Angkatan 1 Tahun 2015.


Pelaksanaan Diklat PIM III Pola baru ini, mengusung tema: Melalui Kepemimpinan Diklat PIM III Kita Wujudkan Pemimpin Perubahan Yang Mampu Mewujudkan Kinerja Dalam Melakukan Inovasi sesuai dengan Visi dan Misi Instansi.
Peserta Diklat PIM ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 10 orang Perempuan dengan komposisi masing-masing,18 orang diantaranya sudah menduduki jabatan Eselon III dan 12 orang lainnya adalah pejabat Eselon IV.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 16 Maret s.d 29 Juli 2015, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Bapak Ir. Bahagia, Dipl,SE yang bertempat di Hotel Mannheim, SMK Negeri 3 Kota Banda Aceh.
Pelaksanaan Diklat PIM Tingkat III mulai tahun ini mengadopsi pola diklat yang baru, dimana pelaksanaan diklat dibagi dalam 5 (lima) tahapan, yaitu tahapan diagnosa perubahan, tahapan taking ownership (breakthrough I), tahapan merancang perubahan dan membangun tim, tahapan laboratorium kepemimpinan (breakthrough II), serta tahapan evaluasi.



Dalam sambutan sambutannya, Bapak Sekda Kota Banda Aceh berharap seluruh peserta dapat melaksanakan Diklat ini sebagaimana mestinya, mengingat mekanisme dan sistem pembelajaran Diklat PIM III Angkatan I Pola Baru ini, mengharuskan peserta untuk merancang Proyek Perubahan yang nantinya berguna bukan hanya dilingkup Organisasinya akan tetapi lebih luas jangkauannya. Oleh karenannya seluruh peserta harus berkosentrasi penuh.

Sementara Nur Hasanah, M.Si yang mewakili Kepala BKPP Kota Banda Aceh dalam laporannya menyampaikan Dasar pelaksanaan Diklat PIM III Angk.I Pola Baru ini adalah Peraturan Kepala LAN No.21 Tahun 2014. Lebih lanjut Nur Hasanah mengatakan Tujuan Pelaksanaan Diklat PIM III ini adalah mengembangkan kompetensi kepemimpinan taktikal pada pejabat struktural eselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Tidak ada komentar: