29 Jan 2015

Walikota Banda Aceh Presentasi Smart City di Kedubes Amerika



Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal, diundang Kedutaan Besar Amerika di Jakarta untuk mempresentasikan program terkait Smart City (Kota Pintar). Acara yang mengusung tema ‘Using Technology To Promote Good Governance In Bandung, Banyuwangi, Banda Aceh and Beyond’ diselenggarakan di Pacific Place Mall, Jakarta, Rabu (28/1/2015).
 


Dalam presentasinya didepan Dubes Amerika untuk Indonesia, Robert O Blake Jr, Illiza memaparkan sejumlah program ICT yang telah diterapkan Pemerintah Kota Banda Aceh dengan konsep yang dinamakan Banda Aceh Islamic Ciber City (BAICC). Konsep tersebut diantaranya, pelayanan perizinan online, data base sosial ekonomi, arsip kependudukan online, edukasi berbasis TIK, database pepohon.
 



Sebelumnya, saat mendatangi kantor Kedubes Amerika untuk Indonesia, Illiza juga menyampaikan perkembangan daerahnya, pasca tsunami kepada Kepala Bidang Politik Kedubes Amerika. Selanjutnya, Walikota Illiza bertemu dengan Kepala Bidang Ekonomi Kedubes Amerika dan pihak Kamar Dagang Amerika.

Dalam pertemuan ini, Illiza menyampaikan peluang-peluang bisinis untuk investor Amerika yang nantinya dapat bekerjasama dengan Pemko Banda Aceh. Disela-sela pertemuan, ia meminta pihak Kedubes Amerika membantu Kota Banda Aceh dalam bidang penyedian air bersih, iklan flatron dan pelayanan emergency call, seperti 911 di Amerika.

"Alhamdulillah, kami mendapat apresiasi dari Dubes America semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut," ungkapnya, Kamis (29/1/2015).

Program-program yang disampaikan Illiza menarik perhatian Kedubes Amerika, mereka meminta Illiza bersedia diwawancarai untuk kemudian dipublish melalui media-media di negeri Paman Sam. Selain Illiza, pada kesempatan itu juga diundang Bupati Banyuangi, Abdullah Azwar Anas dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.(SA/Yus)  

Sumber: http://www.rri.co.id

Tidak ada komentar: