26 Jun 2014

Salurkan Bakat Anda via Cipta Media Seluler



Oleh: Muhammad Syarif*


Forum asah nyali Cipta Media Seluler di Poltek Aceh
Bila anda memiliki kemampuan dibidang teknologi informatika, maka coba anda uji nyali kemampuan tersebut pada lomba Cipta Media Seluler. Program yang digagas oleh komunitas pencinta perubahan dan inovasi ini mengajak seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk berpartisipasi pada ajang bergengsi Tahun 2014.  Sebagai Informasi Cipta Media Seluler adalah hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil, dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS, bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain.

Tim Cipta Media Seluler sedang menyampaikan mekanisme Hibah
Cipta Media Seluler diluncurkan pada 20 Januari 2014, digagas sebagai upaya mendorong individu, komunitas dan organisasi dalam memanfaatkan seluler untuk perubahan sosial yang lebih adil. Kategori hibah terbagi menjadi tiga: produksi dan penyampaian konten, rekayasapiranti lunak, dan rekayasa perangkat keras.
Digagas dan didanai oleh: Ford Foundation dan didukung oleh Wikimedia Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan ICT Watch. Organisasi-organisasi ini berkolaborasi guna memberdayakan masyarakat dalam menggali potensi perangkat seluler sebagai medium penggerak upaya sosial untuk kehidupan yang lebih adil.

Tim Cipta Media Seluler photo bareng dengan peserta lomba
Cipta Media Seluler tertarik untuk mengeksplorasi penggunaan medium perangkat seluler  terutama dalam hal partisipasi masyarakat, kebebasan berpendapat, dan upaya pemenuhan hak asasi manusia dalam menikmati kehidupan sosial yang lebih adil. Karena kami percaya bahwa manfaat sosial dan manfaat ekonomi dapat tumbuh secara beriringan.

Dengan sistem partisipasi terbuka, masyarakat diharapkan ikut mendukung dan termotivasi oleh  program-program rintisan baru, yang dapat membuktikan bahwa media dan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk layanan umum yang lebih baik. Melalui hibah ini  diharapkan informasi yang  benar, berguna, dan akurat dapat disampaikan melalui teknologi yang tepat kepada masyarakat, yang membutuhkan informasi, sehingga mendorong munculnya kebijakan untuk media yang lebih baik.

Proposal Aplikasi Zona Integritas
Dalam rangka menggali ide masyarakat pengguna Mobile/Hand Phone, Tim Cipta Media Seluler melakukan jajak pendapat pengguna hibah sejak tanggal 20 Desember 2013-20 Maret 2014, dengan total  hibah sebesar 750 ribu Dollar AS akan diberikan pada proposal terbaik, yang akan ditentukan oleh Tim Seleksi Akhir yang independen. Kesempatan lain yang juga dibuka oleh teknologi, yakni ruang cipta untuk inovasi baru melalui media untuk perbaikan sosial oleh masyarakat yang yang berjejaring (online) dalam penggunaan media. Berbagai inovasi dan gagasan muncul dari pemuda/masyarakat se nusantara, guna meraih dana hibah. Lebih dari 368 ide muncul pada ajang lomba cipta media seluler Tahun 2014. Dimana sebanyak 386 ide tersebut dibagi menjadi tiga katagori yaitu: produksi dan penyampaian konten, rekayasapiranti lunak, dan rekayasa perangkat keras. Maribuktikan anda bisa..........salurkan bakat anda pada ajang lomba cipta media seluler. Ingat pesan mario teguh:" memimpikan sesuatu yangb luar biasa akan tetapi bekerja biasa-biasa saja itu tandanya tidak waras".

Tidak ada komentar: