26 Mei 2014

E-Kinerja laboratorium Penelitian Mahasiswa

Oleh : Abi Hauna Azkia
Team Peneliti Kemitraan Partnership

Sejak dibentuk Unit Pelaksana Teknis Badan yang secara spesifik menangani e-kinerja, sepertinya menjadi momentum bersejarah bagi Pemerintah Kota Banda Aceh. Satu-satunya lembaga yang ada di Indonesia yang menagani penilaian kinerja berbasis Aplikasi; http://kinerja.bandaacehkota.go.id/anjab/.

Dasar pembentukannya adalah Peraturan Walikota Nomor 25 Tahun 2013. Lembaga ini sengaja dibentuk oleh Walikota Banda Aceh guna mengawal keberlangsungan program e-kinerja yang dimulai sejak 1 Maret 2012. Saat pelantikan Bapak Drs. T. Saifuddin, TA, M.Si mengatakan apa yang dilakukan oleh Banda Aceh adalah terobosan dalam bidang Reformasi Birokrasi dan saya berkeyakinan tidak banyak Kabupaten/ Kota di Indonesia yang berani melakukan terobosan sebagaimana yang kita lakukan pada hari ini.
Ditjen Adminduk Depdagri Dalami E-Kinerja 2014
Keberadaan lembaga ini juga sejatinya harus diisi oleh orang-orang senior, akan tetapi karena tidak ada pilihan lain maka 10 Oktober 2013 adalah tonggak sejarah lembaga ini dipimpin oleh sosok muda yang energik cetus Sekda dalam sambutannya. Lebih detail pernyataan Bapak Sekda Kota Banda Aceh dapat disimak di youtube Pelantikan Kepala UPTB PKPNS Bag.2
Mahasiswa LP3I bna dalami e-kinerja 25/5/2014
Pasca pembentukan UPTB Penilaian Kinerja PNS atau lebih dikenal UPTB E-Kinerja sudah banyak penelitian dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi seperti Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Mahasiswa Universitas Indonesia, Mahasiswa LP3I Banda Aceh. Disamping itu pula beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia serta 2 Kementrian Republik Indonesia mendalami e-kinerja yang telah berlangsung 2 Tahun. Disampin itu pula lembaga Non Goverment seperti Kemitran Parnership juga melakukan penelitian atas penerapan e-kinerja.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Harus diakui saat ini e-kinerja PNS menjadi Icon Nasional. ini terjadi bukan tanpa alasan. Sejak dinobatkan oleh Kementrian PAN dan RB sebagai Program inovasi Pelayanan Publik terkait program e-kinerja milik Pemko Banda Aceh. E-Kinerja sudah go internasional. diskusus seputar kemajuan Kota Banda Aceh membahana saat sy berkesempatan study di Malaysia. Sukses selalu buat Kota Banda Aceh