10 Feb 2013

Remaja Masjid Raya Baiturrahman dalam Lintasan Sejarah*

Oleh: Abi Sultan Al-Azka

Historis Remas

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran." 
(Q.S : Al-‘Ashr: 1 – 3)

Syarif Talkshow di Radio Baiturrahman FM
Milineum ketiga yang sedang kita jalani ini, adalah sebuah era di mana kekuatan- global mendeterminasi hampir setiap aspek kehidupan manusia. Era ini, diprediksikan sejumlah pakar dan futurology, merupakan transisi teritorial yang sangat penting, dimana keutuhan sebuah bangsa mulai rapuh dan pada akhirnya akan lenyap. Kiprah manusia tak lagi terikat dan dapat diikat dengan semangat nasionalisme. Karena aktivitas dan sikap manusia pada umumnya lebih didasarkan pada universalitas dan bersifat primordial.
Diskusi Ala Remas Baiturrahman di Pantai Ulelheu
Manusia yang hidup dalam milenium ketiga ini, disyaratkan untuk memiliki wawasan yang luas, baik bersifat intelektual maupun moral. Tanpa adanya wawasan intelektual, seseorang akan dengan mudah tertipu dan hanyut dalam emosi massa yang tak terkendali. Persyaratan yang sama, juga berlaku bagi generasi muda (remaja), wawasan intelektual dan moral harus benar-benar dimiliki. Karena  remaja rentan terhadap kontaminasi negative dari era informasi dan globalisasi ini.
Suasana Dakwah Pantai ala Remas Baiturrahman
Organisasi Remaja Masjid Baiturrahman Banda Aceh, yang notabene berbasis di Masjid dan beranggotakan remaja muslim lahir tahun 1984 yang didirikan oleh Drs. Ameer Hamzah, Zaini Yusuf, Basri A.Bakar. Dimana pada awal berdirinya kepemimpinan Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh di tunjuk langsung oleh Pengurus Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Pada masa kepemimpinan Zaini Yusuf  kiprah organisasi ini, kurang berjalan sebagaiman yang diharapkan. Kemudian di teruskan oleh Basri A.Bakar dari tahun 1992-1996. masa kepemimpinan organisasi ini juga stagnan dikarenakan Basri A.Bakar melanjutkan Studi Magíster IPB di Bogor, kemudian di teruskan oleh Ameer Hamzah.
Lomba Dalael Khairat antar Remas se-Banda Aceh & Aceh Besar
Pada saat kepemimpinan organisasi ini dipimpin oleh Drs. Ameer Hamzah dirasakan urat nadi organisasi berjalan, hal ini terbukti ditangan beliau lah kemudian eksis TPA Baiturrahman yang kemudian di ganti namanya menjadi TPQ Plus Baiturrahman, bukan hanya itu Gema Baiturrahman (Tabloid jumaatan) juga berkat kegigihan beliau dalam mengelola organisasi yang dikenal dengan “Remaja Masjid Raya Baiturrahman”. Pada hal Ameer Hamzah hanya pejabat sementara Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Kemudian di lanjutkan oleh Drs. Sayed Muhammad Husen tahun 1999-2003. Star awal MUBES I Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh di mulai pada masa kepemimpinan Kanda Drs. Sayed Muhammad Hesen, 12 September 1999. Pada masa inilah dasar-dasar organisasi di letakkan. AD/ART pun di susun sebagai panduan organisasi. Sehingga di rumuskanlah masa kepemimpinan ideal organisasi ini adalah 3 tahun sekali, kemudian diadakan MUBES (Musyawarah Besar), Baca AD/ART Remas Baiturrahman.
Pembinaan Muallah se-Aceh
Pada masa Sayed Muhammad Husen beliau berhasil membentuk lembaga Ekonomi (Baitul Qirad) sebagai pusat ekonomi Islam. Kemudian di lanjutkan oleh Shafwan Bendadeh, SHI (hasil Mubes II). Pada masa Shafwan Bendadeh, SHI sistem perekrutan Remaja Masjid sudah terarah misalkan salah satu syarat untuk menjadi pengurus Remaja Masjid harus melakukan pengkaderan Remaja Masjid.
pada masa Safwan Bendadeh, SHI beliau berhasil menghidupkan Brigade Masjid. Pada masa Shafwan juga Anggaran Tahunan Remas ada. Beliau memimpin organisasi ini Sejak Tahun 2003-2006.
Tarhib Ramadhan di Pantai Ule Lheu
Setahun setelah memimpin organisasi ini, terjadi bencana maha dahsyat yaitu : Gempa dan Gelombang Tsunamin yang meluluh lantakkan seluruh sendi kehidupan. Sehingga seluruh Aset organisasi lenyap di sapu Tsunami.
Pada Awal Tahun 2006. Shafwan berinisiatif untuk menyegarkan kembali kepengurusan organisasi yang telah vakum akibat Gempa dan Gelombag Tsunami, yang akhirnya terpilihlah Muhammad Syarif, SHI sebagai generasi ke-6 menahkodai Remaja Masjid Raya Baiturrahman periode 2006-2009.
Kepemimpinan Generasi ke enam berdasarkan Hasil MUBES III, 19 September 2006. Kiprah organisasi ini semakin eksis, hal ini disebabkan kegigihan Syarif dalam mengelola organisasi ini. 
Ustz. Surlina memberikan materi pembinaan Muallaf se-Aceh
Berbagai terobosan dilakukan demi keberlangsungan organisasi ini. Bukan hanya itu kegiatan pun semakin berkembang. Mitra kerjasamapun semakin meningkat sebut saja Pemda NAD, Pemko Banda Aceh, BPD Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Radio Baiturrahman, Gema Baiturrahman, Radio Republik Indonesia, Radio Toss FM, Radio Antero bahkan BRR NAD-Nias, juga memberikan dukungan finansial demi kelancaran roda organisasi Remaja Masjid ini.  Ada dua program besar yang telah berhasil dijalankan oleh Remas Baiturrahman pada masa kepemimpinan saudara Muhammad Syarif, SHI yaitu program pembinaan Aqidah Bagi Mu`allaf se-Aceh serta program pemberdayaan ekonomi Mu`allaf hasil kerjasama BRR NAD-Nias, Deputi Agama dan Sosbud.
Lomba Mewarnai Santri TPA se Kota Banda Aceh
Berbagai program pembinaan dan pengembangan potensi bagi pemuda, terus digalakkan oleh Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dibawah kepemimpinan Muhammad Syarif antara lain; Gema Ramadhan, Pelatihan Jurnalistik, Lomba Mewarnai dan Kaligrafi, Kontes Da`i Cilik, Lomba Cerita Agama, Bakti Sosial, Remas Award, Pengkaderan Remaja Masjid, Dakwah Pantai, Talkshow di Radio serta Pembinaan bagi Remaja Masjid Banda Aceh dan Aceh Besar.
Wajah-wajah ceria Panitia Lomba Mewarnai
Semoga kedepan Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh semakin baik. Pemimpin yang baik adalah sosok yang tidak mencari kesalahan seniornya akan tetapi cendrung memberikan apresiasi atas hasil karya setiap seniornya. Ingat manusia tidak ada yang sempurna. semoga tulisan ini menjadi inspirasi berharga bagi calon pemimpin khususnya bagi Ketua Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dimasa yang akan datang.

Maksud dan Tujuan Eksistensi Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Tujuan Umum adalah mengembalikan kecintaan generasi muda pada gerakan kemasjidan sekaligus mengasah kemampuan manajerial kepemimpinan yang cinta Qur`ani.
Adapun Tujuan khusus :
1.Memfungsikan Masjid sebagai sentral pembinaan umat dalam berbagai aspek kehidupan
2.Menjadikan lingkungan Masjid sebagai wadah aktivitas, kreatifitasn dan inovasi bagi kalangan remaja
3. Mempertajam wawasan keilmuan dan kecintaan terhadap ajaran Islam



Program Kerja Remas Baiturrahman Tahun 2006- 2009

  1. Departemen SDM & Pengkaderan :
  1. Kaderisasi Remaja Masjid
  2. Pelatihan Khatib
  3. Pelatihan Jurnalistik
  4. Fulluw Up Pengkaderan
  5. Pelatihan Tazhid Manyat



  1. Departemen Kajian Islami dan Strategis
    Suasana Raker MRB
  1. Sosialisasi qanun syariat Islam
  2. Bedah Buku/ Fiqh
  3. Kajian Tafsir Qur`an/ Kajian Ahadan
  4. Seminar/ Loka karya / Workshop isu-isu aktual

  1. Departemen Pengembangan Ekonomi dan Koperasi
  1. Rencana pembukaan koperasi REMAS
  2. Bazar Buku

  1. Departemen Informasi dan Hubungan antar lembaga
    Bersama Kadis DSI Banda Aceh
  1. Studi banding ke Masjid Istiqlal Jakarta
  2. Kerjasama dengan NGO, Lembaga Pemerintah, Swasta, Perguruan tinggi dan Telkomsel pada event-event kegiatan Remaja

  1. Departemen Kemakmuran Masjid dan  PHBI
  1. Menyambut dan memperingati Hari-hari Besar Islam
  2. Pengaturan shaf shalat di Masjid Raya Baiturrahman
  3. Melaksanakan Gema Ramadhan dan Bakti Sosial
  4. Lomba Da`i Cilik.
  5. Remas Award

  1. Departemen Pendidikan dan Pengembangan Alqur`an
  1. Belajar seni baca Qur`an
  2. Pelatihan Manajemen TPA
  3. Pendidikan/ Pelatihan Khaligrafi

  1. Departemen Seni dan Olah Raga
  1. Pelatihan seni drama dan seni rupa
  2. Lomba Dalael khairat
  3. Latihan bela diri setiap minggu pagi

  1. Brigade Masjid
  1. Menghidupkan Brigade Masjid sebagai instrument pengawasan syariat Islam di lingkungan masjid


  1. Biro Muslimah
  1. Menghidupkan kelompok diskusi muslimah
  2. Konseling bagi calon lintoe dan dara baroe
  3. Pelatihan dan seminar keluarga sakinah





10.Biro Penerbitan
  1. Mengelola dan menerbitkan Majalah dinding
  2. Penerbitan Buletin Remaja

11.Biro advokasi dan HAM
  1. Studi tentang hukum dan praktek pengadilan
  2. Diskusi qanun-qanun yang berlaku sebagai bahan kajian Remaja Masjid





* Tulisan ini disajikan sebagai Referensi Awal Kebangkitan Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh (Hasil wawancara dengan Kanda Sayed Muhammad Husen. 10 Februari 2013)



Lampiran:  Susunan Pengurus Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
                  Periode 2006-2009

KEPUTUSAN PENGURUS
MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH
Nomor : 197/1/MRB/IX/2006

TENTANG
PENGESAHAN KEPENGURUSAN
REMAJA MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH
MASA BAKTI 2006-2009

Dengan mengharapkan bimbingan dari Allah SWT, Pengurus Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, setelah :
MENIMBANG                 :
a.  Bahwa, masjid merupakan wadah dan sarana pusat kegiatan dalam mensyiarkan agama Islam, terutama untuk membina para generasi muda dalam pembangunan seutuhnya
b. Program kegiatan Remaja Masjid Raya Baiturrahman perlu mendapat koordinasi dan dukungan agar terus berkembang fungsi Masjid sebagai pusat Ibadan dan pelayanan ummat Islam sehingga secara tidak langsung dapat memacu dinamika organisasi Remaja Masjid secara utuh
c. Bahwa dalam upya kepentingan kepengurusan dan peningkatan kinerja Remaja Masjid Raya Baiturrahman, maka berdasarkan Keputusan Musyawarah Besar (MUBES-III) Remaja Masjid Raya Baiturrahman tanggal 27 Agustus 2006 M bertepatan 3 Syakban 1427 H, dipandang perlu mengeluarkan keputusann Pengurus Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh tentang Pengesahan Susunan Pengurus Remaja Masjid Raya Baiturrahman Masa Bakti 2006-2009 untuk memberikan kekuatan hokum yang pasti.
MENGINGAT                  :
a.   Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga RMRB
b.  Ketetapan MUBES III RMRB Tahun 2006 tentang Progran Kerja
c. Ketetapan MUBES III RMRB Tahun 2006 tentang Penetapan Ketua Umum Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh masa bakti 2006-2009


MEMPERHATIKAN       :
a.    Keputusan MUBES –III Remaja Masjid Baiturrahman tanggal 27 Agustus 2006 M bertepatan 3 Syakban 1427 H, tentang Kepengurusan Masa Bakti 2006-2009
b.   Surat Pengurus Remaja Masjid Raya Baiturrahman tanggal 1September  2006 M  Nomor : A/R-RMB/11/VIII/2006 tentang Mohon Pengesahan Kepengurusan MRB

MEMUTUSKAN
MENETAPKAN              :
a.  Mensahkan susunan Kepengurusan Remaja Masjid Raya Baiturrahman masa Bakti 2006-2009 sebagai terlampir:
b.Mencabut Keputusan Pengurus Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Nomor: 250/1/MRB/KPTS/V/2003 tentang pengesahan Kepengurusan Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh masa bakti 2003-2006 dan dinyatakan tidak berlaku lagi
c. Apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam keputusan ini, maka akan ditinjau kembali untuk disempurnakan
d. Pengurus Remaja Masjid Raya Baiturrahman yang ditunjuk dan diangkat, bertugas melaksanakan berbagai kegiatan remaja dalam lingkungan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
e.Susunan Kepengurusan Remaja Masjid Raya Baiturrahman masa bakti 2006-2009 ini, sebagai terlampir dalam keputusan ini yang merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan dengan keputusan ini

f. Petikan surat keputusan ini disampaikan kepada masing-masing yang bersangkutan untuk dimaklumi dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta penuh tanggung jawab
g.  Keputusan ini mulai berlaku Sejas tanggal ditetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, maka akan ditinjau kembali untuk disempurnakan



Di tetapkan di  : Banda Aceh
Tanggal       : 15 Syakban 1427 H    
                                                                           8 September 2006 M

PENGURUS MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH
                    
                            Ketua I

Dto
DR. TGK. H. AZMAN ISMAIL, MA
Imam Besar






Tembusan Yth:
  1. Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  2. Kakanwil Depag Privinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  3. Majelis Permusyawatan Ulama Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  4. Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  5. Walikota Banda Aceh
  6. Kakandepaq Kota Banda Aceh
  7. Ketua Umum DKMA Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  8. Pengurus DPW BKPRMI Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  9. DPD KNPI Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  10. Kesbang Linmas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  11. Arsip




Daftar     : Surat Keputusan Pengurus Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Nomor  : 197/1/MRB/KPTS/IX/2006
Tanggal: 15 Syakban  1427 H
                                  8 September 2006 M

SUSUNAN PERSONALIA PENGURUS
REMAJA MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH
MASA BAKTI 2006-2009

I. PENASEHAT/ PEMBINA     : Pengurus Masjid Raya Baiturrahman B.Aceh
Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman
Drs. Tgk. H. Ameer Hamzah
Drs. Tgk. Ridwan Johan
Drs. Thaher A.Muin

II. MAJELIS PERTIMBANGAN  :
Ketua                                  : Drs. Sayed Muhammad Husen
Wakil Ketua                        : Ir. H. Basri A.Bakar, M.Si
Sekretaris                           : Muhammad Yakob, M.Ag
Anggota                              : Muhammad Nur AR
                                           : Juniazi, S.Ag
                                           : Shafwan Bendadeh, SHI
                                           : Na Ria Ison Jauhari

III. DEWAN PAKAR                :
                                             :    Prof. DR. Syahrizal, MA
                                                : Prof. Drs. Yusni Saby, Ph.D
                                                : Drs. H.A.Hamid Sarong, SH,MH
                                                : Drs. Bustami Usman, SH, M.Si
                                                : Prof. DR. Alyasa` Abu Bakar, MA
                                                : Dr. Muslim Ibrahim, MA
                                                : Drs. M. Natsir Ilyas, M.Hum
                                                : Syahrul Badruddin, SE, M.Si
                                                : Usamah El-Madny, S.Ag

IV. PENGURUS HARIAN         :
                                                           
Ketua Umum        : Muhammad Syarif, SHI
Ketua                    : Azwir Nazar
Ketua                    : Suharni, S.Ag
Ketua                    : Surlina Sulaiman, S.Pd.I

Sekretaris Umum  : Muhammad Rizal, S.Pd.I
Wakil Sekretaris   : Fauziah Usman, S.Pd.I
Wakil Sekretaris   : Antoni Kurniawan
Wakil Sekretaris   : Malikul Saleh

Bendahara Umum  : Zulkarnain, SHI
Wakil Bendahara  : Dewi Afrina
Wakil Bendahara  : Nurul Fajri

A. Departeman-Departemen
1. Departemen Pengkaderan &  SDM
    Ketua                : Agusri Syamsuddin, S.Pd.I
    Sekretaris         :  Suwarni
    Anggota            :  Marbawi Ismail, S.Sos.I
                               M.Syukur Hasbi, S.Sos.I
                               Ika Setia Ningsih, S.Si

2. Departemen Pengembangan Olah Raga & Kebudayaan
    Ketua                : Fajri Wajdi, SHI
    Sekretaris         : Maulidar Sriwahyuni
    Anggota            : Sirmanidar
                              Afdalil
                                     
3. Departemen Pengembangan Pendidikan Al-Qur`an
     Ketua               : Masri AB, A.Ma
     Sekretaris        : Ruhamah Muhammad, M.Ag
     Anggota           : Ratna Juwita, S.Ag
                              Nur Hanifah
                              Mahdi M.Diah

4. Departemen Kajian Islam &  Strategis
    Ketua               : Syamsul Rijal, S.Pd.I
    Sekretaris         : Istiarsyah
    Anggota            : Mahzan, S.Ag
                              Muhtadi. MJ
                              Syahrati, SHI

5. Departemen Komunikasi & Kerjasama Antar Lembaga
    Ketua                : Masyudi
    Sekretaris         : Humairah
    Anggota            : Husnil Ednin
                              Nurjamali Desi Afrida
                              Syarifah Rahmatillah

6. Departemen Kemakmuran Masjid & PHBI
    Ketua                : Basri. MY, S.Sos.I
    Sekretaris         : Asmaul Husna
    Anggota            : Syukri Zulkifli, S.Pd.I
                              Irhas Saputra
                              M.Safdi

7. Departemen Pengembangan Ekonomi & Koperasi
    Ketua                : Idris Abdussalam, S.Pd.I
    Sekretaris         : Eko Sudarsono, SHI
    Anggota            : Alamsyah, S.Ag
                              Suryadi
                                      
 
Biro-biro
  1. Brigade Masjid
Komandan  : Dastur Ar-Rasyid, S.Pd.I
Wadan        : Nadia Wati
Anggota      : Ridha Fahlevi
                    Jarot Suryanto

  1. Biro Muslimah & Keluarga Sakinah
            Ketua       : Khairiati, S.Ag
            Sekretaris : Hermanita
            Anggota     : Novianti
                               Milda Yani
                               Cek Khamsiatun
                                Yanti Rahmi

  1. Biro Penerbitan & Humas
          Ketua          : Husni Ednin
          Sekretaris   : Romi Ichsan
          Anggota      : Jarrot Suryanto
                              Ernida, A.md
                              Ramadhani

  1. Biro Hukum & Advokasi
          Ketua          : Muhammad Nizwar, SH
          Sekretaris   : T. Saiful, M.Hum
          Anggota      : Marzuki Ahmad, SHI
                                     

Di tetapkan di : Banda Aceh
Tanggal       : 15 Syakban 1427 H    
                                                                           8 September 2006 M

PENGURUS MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH
                   

Ketua I

Dto
DR. TGK. H. AZMAN ISMAIL, MA
Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman

5 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh saya minta kontak salah satu pengurusnya untuk saya wawancarai?

Muhammad Syarif,S.HI,M.H mengatakan...

Boleh 085260868376 (syarif ketua periode 2006-2015) atau Anwar Ridha (2015-2018 Hp 085277441829

Muhammad Syarif,S.HI,M.H mengatakan...

Sayed Muhammad Husen : 081362961965
Safwan Bendadeh : 085260951234

Ambia Al-Yusuf mengatakan...

SubhanAllah. Sangat bermanfaat untuk pengembangan program kedepannya. Terima kasih kanda syarif. Salam remas.

Ambia Al-Yusuf mengatakan...

SubhanAllah. Sangat bermanfaat untuk pengembangan program kedepannya. Terima kasih kanda syarif. Salam remas.