17 Nov 2018

Disdik Dayah Banda Aceh, utuskan 3 Wakil Dayah ikuti Aneka Lomba Santri se-Aceh

Dalam Rangka Memeriahkan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2018 yang lalu, Dinas Pendidikan Dayah Aceh menggelar Kegiatan Perlombaan Antar Santri. Acara yang berlangsung selama 4 hari ini dibuka langsung Oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny SAg MM Rabu (14/11) Malam di Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom, Banda Aceh. 


Ketua Panitia Acara Drs Muhammad Nas MA yang juga Kasi Bimbingan dan Pengasuhan Pada Bidang Santri pada Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam laporan nya menyampaikan bahwa ada 3 Kategori yang akan diperlombakan yaitu, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab dan Qiraatil Kutub. Adapun Peserta yang ikut serta berasal dari 23 kab/kota yang berjumlah 69 orang, Nama peserta dikirimkan melalui Dinas Pendidikan Dayah Kab/Kota yang ada diseluruh Aceh. Acara ini berlangsung Selama 4 hari dari tanggal 14-17 November 2018. Untuk Total hadiah yang diperebutkan berjumlah Rp 36 juta. 


Adapun tujuan Perlombaan antar santri Se-Provinsi Aceh, antara lain :
1. Untuk melakukan Pembinaan Sekaligus penyeleksian terhadap kemampuan Santri dalam bidang Ilmu tertentu yang selanjutnya akan lahir sumber daya santri dayah berkualitas yang siap berkompetisi dalam berbagai canang perlombaan secara profesioal.
2. Mendorong dan Meningkatkan Kecintaan Para Santri Dayah/Pondok Pasantren dalam membaca kitab-kitab rujukan Bahasa Arab atau Kitan Kuning serta meningkatkan peran dayah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam upaya melahirkan kader ulama dan cendekiawan yang berkualitas baik di kalangan masyarakat.
3. Melatih Mental Santri untuk mengekspresikan ilmunya melalui ajang perlombaan yang kompetitif dan sportif.
4. Untuk memotivasi pemuda dan pemudi khususnya bagi santri dayah di Provinsi Aceh agar lebih serius dalam mendalami dan mempelajari Teknik-Teknik berbahasa dalam berorasi serta mampu menyampaikan pesan-pesan agama melalui ceramah atau pidato baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny SAg MM saat membuka acara menyampaikan gema Pendidikan Dayah di Aceh mulai berdenyut kencang, ini terbukti dengan banyaknya perlombaan antar santri Se Aceh yang sudah dilaksanakan, baik ditingkat Provinsi maupun yang diselenggarakan di Kabupaten Kota. Perlombaan seperti ini penting dilakukan untuk mengasah Kemampuan Para Santri dan agar Mereka terbiasa mengikuti sebuah Kompetisi. Sudah saatnya Santri-santri Dayah unggul dalam setiap even apapun, buktikan kalian mampu bersaing dan mampu tampil, ke depan kalian harus menjadi Pemimpin-Pemimpin masa depan bagi Aceh dan Indonesia, Ujar Usamah menyemangati para Peserta. 

Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh mengatakan bahwa; “Perhelatan Hari Santri Nasional tersebut, Kota Banda Aceh mengirimkan 3 utusan terbaiknya untuk mengikuti lomba yaitu: Aulia Raihan  (Dayah Madinatul Fata) untuk cabang lomba Musabaqah Qira`atil Kutub, Safina Lia  (Dayah Terpadu Inshafuddin) cabang lomba Pidato bahasa Arab dan M. Zaki Maulana (Dayah Raudhatul Hikmah Al-Waliyah) cabang lomba Pidato Bahasa Indonesia.


Tidak ada komentar: