19 Jan 2018

Dari gesturnya, Kanda Usamah akan meningalkan BKN Aceh


Sang Jagoan bak pendekar
Usamah El-Madny adalah sosok pemuda yang energik, cerdas dan licah dalam menarasikan setiap untaian kata. Ketajaman ulasannya, tidak diragukan lagi. Gagasannya cukup cemerlang. Perkenalan dengan beliau semasa menjadi pengurus DPD KNPI NAD periode kanda Syahrul Badruddin, M.Si. Kala itu kanda Usamah menjabat Sekretaris Umum KNPI Nanggroe Aceh Darussalam. 


Saya banyak belajar pada beliau, terutama dalam menuangkan gagasan atawa penulisan opini di media massa. Kalau ia sudah mencoret kertas dimeja, maka setiap coretannya penuh makna. Saat menjabat Sekretaris Umum KNPI NAD/Aceh setiap gagasan dan coretannya bernilai mutiara. Makanya bung Syahrul Badruddin sangat nyaman dalam menahkodai KNPI Aceh.

Usamah bukan hanya jago dalam menulis, tapi juga lincah dalam membangun komunikasi. Mantan Punggawa Humas Setwan DPRK Banda Aceh ini, akhirnya hijrah mengabdi pada Pemerintah Aceh. Berbagai jabatan diemban di beberapa Instansi sebut saja; Sekertaris Dinas Syariat Islam Aceh, Kabag Keistimewaan Setda Aceh, Kabag Humas Setda Aceh serta beberapa jabatan strategis lainnya. 

salam komando terakhir..(hanya ramalan saja)
Pasca berganti kepemimpinan di Aceh dari Irwandi ke Doktor Zaini, Kanda Usamah mengabdi pada Kantor Regional XIII BKN Aceh, tepatnya 19 Januari 2015. Tak tanggung-tanggung sang jagoan, dipercayakan sebagai Sekretaris BKN Regional Aceh. Ya kalau bahasa gampangnya orang kedua terpenting di Instansinya. 
Ada satu mimpinya, memberikan totalitas pengabdian bagi negeri terutama dalam aspek pelayanan administrasi ASN di Aceh. Beberapa kali saya masuk ruang kerjanya disaat masih bertugas pada BKPP yang kini menjadi BKPSDM Banda Aceh. Setiap saya ke BKN Aceh pasti masuk keruang kerjanya. 

Sempat berdiskusi terkait Reformasi ASN. Ada bahasa yang tersirat, sepertinya beliau akan balek lagi menjadi punggawa ASN Pemerintah Aceh, ini pirasatku, apa lagi semasa Irwandi Jadi gubernur Aceh, karirnya melejit. Dari gesturnya, terpancar "kegiwangan" hehe, ini bukan ramalan biasa...

Sepertinya ini saat yang tepat beliau kembali ke barak utama, mengiwangkan Aceh bansigoem donya. Dugaanku beliau akan menjadi salah satu Pejabat penting yang di kabinet IRWANDI-NOVA. Krue semangat akankah pasca 3 Tahun menjabat sebagai Sekretaris BKN Aceh, beliau akan di tarek balek oleh kabinet INOVA? Karena misi utamanya sudah tuntas. Saatnya kembali kebarak utama.....hehe, Tahniah, Jayalah BKN Aceh, jayalah ASN Nusantara. Menebak Gesturnya ada 3 institusi yang berpotensi di bidiknya yaitu: Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Birokesra Setda Aceh dan Biro Humas Setda Aceh.



Tidak ada komentar: