28 Nov 2016

Gampong Nusa, Model Pengelolaan Wisata Alam berbasis local wisdom



Oleh: Muhammad Syarif
 Gampong Nusa merupakan salah satu kampung di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar yang terletak di Jalan Banda Aceh-Meulaboh KM 9,5 KM, hanya berdurasi 30 menit dari pusaran Kota Banda Aceh kita bisa menikmati pengelolaan Gampong/Desa sadar wisata. Konsep ecotourism berbasis masyarakat yang digagas oleh Rubama, Kader ISKADA Aceh patut diajungkan jempol.

Gampong yang dihuni kurang lebih 1000 jiwa inipunya mimpi yang luar biasa dalam menata dan menjaga kelestarian Alamnya. Konsep Green Village, menjadi icon gampong Nusa, keramahan warga dan partisipasi seluruh Aparatur Gampong terkait konsep ecotourism, menjadi pembeda dengan Gampong atawa desa yang lain di Aceh.
Gampong Nusa, layak dijadikan role model pengelolaan gerakan sadar wisata yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi kreatif, sekaligus kesadaran warganya dalam menjaga dan melestarikan alam. Semua potensi alam disulap menjadi lahan bisnis yang ramah lingkungan. Pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik. Masyarakat berbondong-bondong melakukan kreatifitasnya guna perbaikan taraf ekonomi. 
Nusa Ecotourism adalah gerakan sadar wisata yang diinisiasi oleh kelompok  muda Kampung Nusa. Belajar, belajar dan terus belajar  memupuk pengalaman dan pengetahuan lokal dengan dikombinasi referensi menuju gampong wisata adalah cara kami membangun desa ungkap warga saat kami melakukan bincang-bincang ringan.
Harmonisasi antara Pemuda dan Pengelola Becak dijaga dengan apik dan tanpa ada konplik, transaksi bisnis berjalan dan kerukunan hidup bermasyarakat berjalan dengan baik. Tradisi ini sangat terasa sekali kita lihat sekarang. Bahkan bayak event nasional dalam bentuk paket wisata alam dan kuliner digelar di Gampong Nusa. Dekru adalah wanita hebat. Jika anda penasaran mari kunjungi Gampong Nusa. Stigma Wisata itu sulit dikelola ternyata tidak berlaku disini. 
Berdasarkan amatan penulis setidaknya ada beberapa potensi wisata yang dikelola cukup baik antara sanggar budaya rapa`i geleng, kerajinan tangan/handycraft berbahan dasar barang bekas, dan daun-daunan, kuliner Aceh meliputi Keumamah, asam Boh limeng leumik,  Timpan, kuah asam keueng, payeh on mulieng, gulai kambing Aceh serta paket wisata kulener lainnya. Disamping itu juga ada sarana Ibada (masjid) bale pertemuan, Homestay, serta pemandu wisata yang ramah dan bersahaja. Berbagai Takjil Berbuka puasapun dapat dipesan di Gampong Nusa. Data terakhir kurang lebih 420 wisatawan manca negara berkunjung kegampong Nusa dan kurang lebih 600 wisatawan domestik telah menikmati keindahan alam Gampong Nusa. Anda Penasaran mari berkunjung pada Gampong Nusa, tentukan paketnya anda dijamin puas, dan menyenangkan serta bahagia. Ajak sahabat dan handai taulan, nikmati wisata sesungguhnya di Gampong Nusa.

Tidak ada komentar: