6 Apr 2019

Malam Puncak Event Olahraga Antar Santri Dayah dan Festival Kreativitas Dayah berlansung meriah


Wakil walikota Banda Aceh, Drs Zainal Arifin menutup secara resmi festival kreativitas  dan event olahraga santri dayah se-kota Banda Aceh pada Sabtu (6/4/2019) malam, di Komplel Dayah Terpadu Inshafuddin. Kegiatan rangkaian HUT Kota Banda Aceh ke 814 Tahun yang dilaksanakan oleh Disdik Dayah Banda Aceh mendapat apresiasi Walikota Banda Aceh, Bapak Zainal Arifin. Kegiatan semacam ini perlu digalakkan ungkap Ketua Politisi Amanat Nasional Kota Banda Aceh


Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh, Tgk H Tarmizi Daud SAg MAg menyampaikan festival kreativitas santri se-Kota Banda Aceh dilombakan empat cabang Pidato yaitu (bahasa Arab, Aceh, Indonesia, dan Inggris) berlangsung pada 28-31 Maret 2019 di Komplek Dayah Inshafuddin sementara Event Olahraga Antar Santri Dayah dipertandingkan Turnamen Futsal dan Bulutangkis yang berlangsung pada 2-5 April 2019 di Lapangan Embbassy Lamgugop.

Tgk Tarmizi menambahkan, di bidang lomba pidato, kita akan mempersiapkan santri untuk terjun ke kancah internasional. “Nantinya mereka akan jadi da`i tingkat lokal, nasional dan internasional. Tentunya harus mampu berkomunikasi dengan bahasa Aceh, Indonesia, Inggris dan Arab. Agar pesan-pesan ilahiyah dapat disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat,” ungkapnya.

Harapannya, mereka akan jadi juru bicara atau pemandu wisata dengan bahasa internasional. Apalagi Banda Aceh sedang menggalakkan wisata islami, tentu banyak tamu-tamu internasional datang ke Aceh. “Ini akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat. Sekarang, dai bisa mendapatkan banyak uang. Jadi ekonomi bukan hanya bisnis perdagangan saja,” ujar Tgk Tarmizi.
Di bidang olahraga, kegiatan ini sebagai momentum silaturahim antar santri dayah se Kota Banda Aceh. Santri bukan hanya mampu membaca kitab kuning, tapi juga mampu berinovasi dan mengembangkan seni,” tegas Tgk Tarmizi.


“Olahraga akan membuat badan sehat. Dengan tubuh sehat, mereka bisa beribadah secara optimal”, ucap Tgk Tarmizi M Daud. Sementara Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh mengatakan rangkaian Hut Kota Banda Aceh ke-814 Disdik Dayah Banda Aceh melakukan berbagai kegiatan diantaranya; Lomba Pidato empat bahasa, turnamen olahraga, Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), Pelatihan Jurnalistik bagi santri dayah, seminar ekonomi syari`ah dan berbagai kegiatan lainnya.

Wakil Walikota Banda Aceh, Drs Zinal Arifin mengatakan pemerintah Kota Banda Aceh memiliki visi mewujudkan kota gemilang dalam bingkai syariah.Tuturnya, Walikota berharap di Kota Banda Aceh tumbuh ekonomi berbasis syariah, dan melenyapkan rentenir. Ia juga menjelaskan, kegiatan lomba antar santri dayah se-Kota Banda Aceh merupakan upaya untuk mempertajam kemampuan santri dalam melihat kondisi zaman, sekaligus media kaderisasi ulama di Kota Banda Aceh. Diharapkan nantinya santri dayah menjadi pelopor penerapan syariat Islam di Banda Aceh, ungkap Ketua Politisi Amanat Nasional Kota Banda Aceh.



Harapannya, ke depan dayah-dayah di Banda Aceh tidak hanya menghidupkan bahasa Arab dan Inggris, tetapi mengajarkan pula bahasa Jepang dan Cina seperti di Pondok Pesantren Malaysia.
Kepada santri yang menang lomba, selamat dan jangan berpuas hati. Terus berjuang untuk meningkatkan prestasi. Bagi yang belum beruntung, terus tingkatkan usahanya, agar di masa mendatang dapat meraih prestasi.
Berikut para juaranya:
Lomba Pidato
Bahasa Arab:
1. Abib Firjatullah : Dayah Inshafuddin
2. Hasbi Arizi : Dayah Raudhatul Hikmah Al-Waliyah
3. Ramazia : Dayah Darul Fikri Al-Waliyah


Bahasa Indonesia
1. Ahlul Haitami : Dayah Darul Ulum
2. Naufal Rizqi : Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah
3. Nurhayati : Dayah BTRG


Bahasa Aceh
1. Akbar Nafis : Dayah Inshafuddin
2. Naufal Aufa : Dayah Darul Ulum
3. M Fazil : Dayah Inshafuddin


– Bahasa Inggris
1. Ilham Ariga : Dayah Darul Ulum
2. M Rizki Adira : Dayah Fauzul Karimah
3. Al Hakan Jazuli : Dayah Inshafuddin


Event Olahraga
Cabang Futsal
1. Tim Dayah Inshafuddin
2. Tim Dayah BTRG
3. Tim Dayah Sirathal Musthaqim Misrul Muarrif Al-Aziziyah


Bulutangkis Tunggal Putra
1. Mirza : Dayah Darul Fikri Al-Waliyah
2. Lutfi : Dayah BTRG
3. Indra Syahputra : Dayah Raudhatul Jannah


Bulutangkis Tunggal Putri
1. Putri Balqis : Dayah Inshafuddin
2. Putri Amalia : Dayah Darul Ulum
3. Maisar Jannah : Dayah BTRG


Tidak ada komentar: