11 Okt 2024

Maulid dan Pemberdayaan Ekonomi Umat

 


Oleh Bung Syarif*

Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW di Aceh tentu berbeda dengan daerah lain di nusantara, bahkan dunia. Ya Aceh selalu menarik untuk dinarasikan. Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati selama 3 bulan sepuluh hari. Khusus di Kota Banda Aceh perayaan Maulid Nabi menggema di sepanjang Gampong. Suasana kemeriahan terasa kental, antara satu gampong, dayah, TPQ, Balai Pengajian suasana perayaan Maulid Nabinya sangat berbeda. Berbagai giat dirangkai guna menyambut maulid, mulai aneka lomba, zikir maulid, nasyid maulid/hadrah hingga ceramah agama (maulid). Giat perayaan maulid nabi memiliki dampak  pemberdayaan dan peningkatan perekonomian ummat, disamping berperan sebagai syiar Islam. 

Berbagai menu disajikan dalam agenda Maulid Nabi, tentu membawa berkah bagi penjual beras, daging, telor asin, telor ayam, daun pisang, ikan, ayam hingga bebek Bahkan permitaannya terus meningkat. Semakin meriah Maulid Nabi, maka semakin besar pula perputaran ekonomi.

Maulid berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi umat, tentu ini butuh pembuktian. Akan tetapi dengan logika sederhana bisa terjawab perbutaran ekonomi berjalan di pusat-pusat perdagangan. Dengan semakin banyak peringatan maulid yang digelar di Dayah dan Lembaga Pendidikan Agama Islam lainnya di Banda Aceh, maka perputaran ekonomi di tengah-tengah masyarakat akan semakin baik. 

Perayaan Maulid Nabi sebagai salah satu bentuk syiar islam, banyak hikmah dari peringatan maulid nabi di antaranya wujud rasa syukur atas kelahiran Rasulullah yang telah membawa umatnya dari masa jahiliyah ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Kamis, 10 Oktober 2024, giat Maulid Nabi di dayah Raudhatul Jannah Gampong Ateuk Jawoe terasa lebih meriah berbagai tokoh dan pejabat publik Kota Banda Aceh hadir sebut saja Ketua DPRK Irwansyah, ST, Para Calon Walikota, Kepala OPD, Pimpinan Dayah serta pejabat Publik lainnya.. Berbagai menu terhampar dimeja mulai dari buah-buahan seperti; anggur, jeruk, salak, pisang serta berbagai menu khas Aceh. Tuan Sofyan Helmi, SE selaku Politisi Dapil Baiturrahman menyambut tamu dengan riang gembira. Dayah Rauhatul Jannah Gampong Ateuk Jawoe Kec. Baiturrahman selalu meriah dalam merayakan Maulid Nabi. Kami selaku pungawa Dayah yang bertugas sejak Tahun 2016 hingga sekarang selalu kebanjiran undangan Maulid Nabi. Rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Maulid Nabi dan Pemberdayaan Ekonomi Umat kami menyebutnya. Takbir

 

*Goresan Pena Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Pengurus ICMI Kota Banda Aceh, Fungsionaris KAHMI Aceh, Fungsionaris DPD KNPI Aceh, Ketua Komite Dayah Terpadu Inshafuddin

 

 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bereh pak