22 Jul 2024

Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah Pusat Pembinaan Muallaf


Oleh Bung Syarif*

Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah yang terletal di Gampong Peulanggahan di dirikan oleh Abi Syibral Al Malasyi. Alumni Dayah Mudi Mesra Samalanga ini, punya mimpi besar Dayahnya suatu saat menjadi Pusat Pembinaan Muallah se-Aceh.

Dayah yang diapit rumah warga dengan luas area sekitar 4800 meter persegi ini diresmikan oleh Abah Sayed Mudi, Samalanga panda tanggal 10 Januari 2022 atau bertepatan 7 Jumadil Akhir 1443 H. Kehadiran Tgk, H. Sayed Mahyuddin (Abah Sayed Mudi) merupakan utusan khusus Abu Mudi (Syech H. Hasanoel Bashry HG), Pimpinan Dayah Mudi Mesra, Samalanga, Bireun.

Dayah ini kini semakin diminati santriwan/wati dari berbagai daerah di Aceh. Abi Syibran Al Malasyi yang kini memimpin MPU Kota Banda Aceh menggantikan Prof Dr. Tgk Dhamanhuri, MA, mengatakan kehadiran dayah ini fokur mendididik generasi muda agar lebih mendalami Ilmu Agama (Al Qur`an dan Hadits) yang beraklakhul qarimah.


Dayah ini juga dijadikan pusat pengajian Majelis Taklim Ibu-Ibu Warga Peulanggahan dan Gampong Pande. Berbagai fasilitas Sapras Dayah dibenahi seperti pembangunan bilik santri, musalla dan rumah dewan guru. Tentunya Dayah ini masih butuh uluran tangan para dermawan agar santri semakin nyaman dalam menuntut Ilmu Pengetahuan Kitab Turats

 


Walau baru seumur jagung, Dayah ini telah memberi warna baru di Gampong Peulanggahan, Muallaf Center juga diresmikan bersama dengan peresmian Dayah ini. Tentu Warga Gampong Pande dan Gampong Keudah yang dulunya di masa kerajaan Sultan Iskandar Muda, merupakan Gampong Kerajaan yang unik dan pusat perdagangan dan pusat pembuatan pedang  termasuk pusat pembuatan dinar dan dirham.

Digampong ini pula banyak prasasti peninggalan sejarah masa lalu. Kami menyaksikan betapa dayah ini yang berciri khas Dayah Salafiyah (Tradisional) dengan “Manhaj Al Aziziyah-nya” pelan tapi pasti semakin berkembang. Walau berumur masih 4 Tahun diibaratkan masih merangkak sebagai “anak-anak”, tapi dengan kepiawaian kepemimpinan dan kharismatik-nya Abi Syibral Al Malasyi Dayah ini terus menjadi Idola warga Gampong Pande dan Gampong Peulanggahan.


Tiap Giat Maulid Nabi, berbagai tamu istimewa hadir memenuhi undangan Abi Syibral Al Malasyi. Kami selalu hadir memenuhi undangan tuan guru Abi Syibral Al Malasyi. Sukses terus gure..

*Goresan Pena Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Ketua Komite Dayah Terpadu Inshafuddin, Pengurus ICMI Kota Banda Aceh

Tidak ada komentar: