27 Sep 2019

Generasi Tgk. M. Doyan Ukir Prestasi Gemilang di ajang MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Aceh



Tgk. M.Doyan adalah sosok orang tua yang luar biasa, dua anaknya menjadi Qari terbaik dan harumkan nama Aceh Selatan. Bahkan Muhammad Akhir masa remajanya yang juga putranya menjadi juara MTQ tingkat Nasional dan Internasional.

Kini lewat sentuhannya, Aceh Selatan Berhasil membawa pulang Juara 1 Cabang Qiraah sab'ah mujawwad remaja putri di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Pidie, Pengumuman juara Jumat malam (27/9/2019).


Juara 1 Cabang Qiraah sab'ah mujawwad remaja putri tersebut berhasil dibawa pulang oleh peserta Atas nama Waliya Mursyida yaitu remaja Putri Asal Desa Ladang Tuha Kecamatan Meukek Aceh Selatan. Waliya belajar Mengaji di TPA Qiraatul Qura Desa Ladang Tuha Kecamatan Meukek Kampung halamannya.

Waliya Musyida adalah anak dari Tgk M. Doyan sekaligus guru ngajinya. Hasil bimbingan sang ayah, Waliya memperoleh prestasi yang membanggakan ini. Bukan hanya Waliya, sebelumnya Tgk. M. Doyan juga telah berhasil mengantarkan H. Muhammad Akhir, putranya sebagai Qari Internasional beberapa tahun silam.

Menurut Azwar Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Meukek Aceh Selatan (IPAMAS), TPA Qiraatul Qura tersebut berdiri dengan fasilitas seadanya. Di tempat itulah pengajian Al-Qur’an setiap malam, rutin di lakukan. Banyak santri yang datang dari berbagai Gampong/Desa dan Kecamatan di Aceh Selatan belajar A-Qur`an di bawah bimbingan Tgk. M.Doyan.

Lebih lanjut Azwar berharap agar Bupati Aceh Selatan melalui dinas teknis membantu pemenuhan sapras TPA tersebut, yang telah banyak mengukir prestasi sekaligus mencetak qari-qari`ah yang handal dan hebat. Azwar yakin jika Pemerintah Aceh Selatan memperhatikan tempat pengajian ini, insya Allah akan lahir qari-qariah yang akan mengikuti jejak H. Muhammad Akhir dan Waliya.

Sementara itu, Waliya menyampaikan "rasa bahagia Alhamdulillah berkat doa Ayah dan Ibu serta masyarakat Aceh Selatan, saya bisa membawa pulang Juara 1 untuk Aceh Selatan tercinta di Cabang Qiraah sab'ah mujawwad remaja putri di MTQ tingkat Provinsi Aceh Ke-34 ini" ungkap Waliya. Sebagai komitmen Pemerintah Aceh Selatan, bahwa bagi yang meraih prestasi juara I, akan diberi hadiah umrah, sebagaimana janji Tgk. Amran, Wakil Bupati Aceh Selatan saat membuka Traning Center di Aula Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Senin 18 Agustus 2019. Krue semangat. Tahniah buat Waliya.



Tidak ada komentar: