Laman

29 Jul 2019

Restu Abu Panton Untuk Abi Bayu

Saat pembukaan Rakor pengembangan dayah Jumat, 26 Juli 2019 di Hotel Hermes Palce-Banda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny menyebutkan bahwa Tgk Hasbi Albayuni adalah salah seorang yang mendirikan dayah dengan amanat dari Gurunya. Dalam tatanan dayah, seorang santri sangat mematuhi apa yang diutarakan oleh gurunya, hal ini adalah bagian dari takzim keu “Gure”. Nah yang memberikan amanat kepada Tgk Hasbi Albayuni adalah Abu Ibrahim Bardan, atau yang lebih dikenal dengan Abu Panton, Gurunya saat Tgk Hasbi meudagang di Dayah MUDI Mesra Samalanga, Bireuen. Tentu ada alasan khusus kenapa seorang santri direkomendasikan untuk dapat mendirikan dayah, pasti para guru tau akan kemampuan dari santri tersebut.
Di kalangan dayah, Tgk Hasbi Albayuni lebih populer dipanggil dengan nama Abi Bayu, lakap tersebut sesuai dengan tempat Dimana Dayah Thalibul Huda yang dipimpin oleh Abi Bayu berada. Abi Bayu juga salah seorang putra daerah Aceh Besar, Desa Bayu adalah tempat Dimana dia dilahirkan.
Dayah Thalibul Huda sendiri berdiri pada kurun waktu setelah musibah Gempa dan Tsunami menimpa Aceh, yaitu tahun 2004. Berawal dari mengungsinya santri-santri yang menjadi korban tsunami di Tanah Pertapakan kantor HUDA (Himpunan Ulama Dayah Aceh), para santri ini berasal dari Dayah Babusa’adah Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Dalam perkarangan Dayah Thalibul Huda sendiri, terletak kantor HUDA, tempat dimana para Ulama Dayah bernaung. HUDA merupakan Organisasi yang salah satu pendirinya itu adalah guru dari Abi Bayu, yaitu Abu Panton, dan Abu Panton adalah Ketua HUDA pertama. Pada Periode 2018-2023 ini, dibawah Komando Tu Sop Djeunib, Abi Bayu merupakan Sekretaris Jendral HUDA, Organisasi yang menginisiasi lahirnya Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Sejak pendiriannya, kini Dayah Thalibul Huda berkembang dengan pesat, santri yang meudagang semakin bertambah. Hal ini tidak terlepas dari peran Abi Bayu yang terus membenahi kualitas dan fasilitas dayah agar menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny mengatakan bahwa dayah merupakan basic cultural keagamaan rakyat Aceh. Hanya kepada Allah SWT kita memohon, semoga Dayah Thalibul Huda terus berkembang, tetap bersemangat meneruskan cita-cita para Ulama terdahulu dalam membina dan mengayomi Ummat untuk mendalami ilmu agama. Semoga pimpinan Dayah Abi Bayu beserta pengurus dan dewan guru selalu diberikan keberkahan umur dan kesehatan oleh Allah SWT dalam membina dan memimpin Dayah Thalibul Huda ke arah yang lebih baik, demi terwujudnya generasi-generasi Aceh yang Meuadap, Carong, dan Islami.

(Sumber Disdik Dayah Aceh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar