Laman

23 Apr 2018

Refleksi Satu Tahun Empat Bulan dampingi Bapak Zahrol Fajri, S.Ag, M.H


Oleh: Muhammad Syarif, SHI, M.H*
Pasca Pelantikan, Silaturrahmi dg Disdik Dayah Aceh
Disdik Dayah Banda Aceh adalah lembaga yang baru lahir. Tepatnya 31 Desember 2016 Plh. Walikota Banda Aceh Bapak Hasanuddin Ishak melantik Zahrol Fajri, S.Ag, M.H sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah dan rangkap jabatan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dayah. Tentu selaku pejabat baru dan minim  fasilitas Zahrol Fajri bersama jajajaran pejabat Eselon III dan IV serta Fungsional Umum berusaha melaksanakan tupoksinya dengan amanah dan profesional.
Para Punggawa Disdik Dayah Banda Aceh

Selaku atasan tentu saya harus loyal dengan beliau. Tentunya secara pribadi saya telah lama mengenalnya saat saya menjadi Ketua Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan beliau pejabat pada Bagian Bina Sosial dan Kesra Setda Banda Aceh. Dalam rangka pencairan bansos bagi organisasi remaja masjid. Ya...mendapat “syafaat” bagi Remaja Masjid Raya Baiturrahman, lewat paket Bansos. Kala itu beliau sebagai salah satu orang penting dilingkungan Setda Kota Banda Aceh dan saya Ketua Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.
Program Walikota Menjawab
Perkenalan berlanjut saat menjadi pengurus DPD KNPI NAD, masa Kanda Syahrul Badruddin,SE.M.Si. Lalu sama-sama di Setda Banda Aceh, saya di Bagian Organisasi dan beliau jadi Kabag. Keistimewaan Setda Kota Banda Aceh, berlanjut pada KPA-PAI. Disamping itu juga kami memiliki genetik akademik yang sama, Sarjana (Fakultas Syari`ah IAIN/UIN Ar-Raniry), hingga Magister Hukum UNSYIAH, walau beda kosentrasi. Beliau menekuni kosentrasi Perdata, sementara saya kosentrasi Tata Negara.
Silaturrahmi dengan Disdik Dayah Aceh

Saya dengan Bapak Zahrol bukan hanya sebatas nasab birokrasi, akan tetapi juga bergenetik akademik yang satu jalur. (Fakultas Syariah dan Hukum Unsyiah). Tentu Dinas yang baru, butuh kerja keras dan tuntas. Mulai dari pembenahan Sapras Kantor, Penyusunan Renstra Dinas, membangun relasi dengan stakeholders, membangun Tim Work serta bekerja taktis, strategis dan tuntas.

Program BI Corner
Berbagai program berhasil beliau laksanakan dengan baik sebut saja penataan kelembagaan, tatalaksana, kepegawaian, relasi dengan para Pimpinan Dayah se-Kota Banda Aceh hingga networking lintas lembaga. 

Beliau juga berhasil menyusun pondasi awal yang luar biasa, untuk ukuran Dinas baru. Bahkan program smart city yang menjadi salah satu icon Banda Aceh dilevel nasional, Ia jalankan dengan baik. Termasuk Rating tertinggi Analisis Media SKPD dilingkup Pemko ter update. Ini sungguh luar biasa.
Gagas program Tahfiz qur`an bagi Santri Dayah 2018

Beliau juga melakukan terobosan dengan membumikan Disdik Dayah Banda Aceh “Ban Sigoem Doenya”, dengan membangun relasi dengan Mahad Tahfidz Qur`an, MASDAR, Malaysia. Kepiawaian Bapak Zahrol Fajri dalam menggerakkan organisasi tak dapat dipungkiri. Lama menahkodai Bagian Keistimewaan Setda Kota Banda Aceh hampir 15 Tahun, memperkaya khazanah intelektual, sosio kultural dan managerial.
Program Jak Saweu Dayah

Walau Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh baru lahir 31 Desember 2016 dan efektif April 2017. Berbagai terobosan terus dilakukan dalam mengenalkan ke publik akan eksistensi Dinas Pendidikan Dayah sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Keagamaan di Kota Banda Aceh.  Program Disdik Dayah saweu stakeholder adalah salah satu instrumen jitu dalam membangun komukasi dengan berbagai Instansi baik vertikal, horizontal maupun diagonal. 
Tim Work Disdik Dayah BNA
Berbagai terobosan dipenghujung tahun 2017, Disdik Dayah Banda Aceh telah berhasil dilakukannya,antara lain: penyusunan data base Dayah, Balai Pengajian dan TPA, pembuatan website disdik dayah, pembuatan data base dayah online, Rakor Pimpinan Dayah, Penyusunan Perwal Sistem Pendidikan Dayah, Workshop Manajemen Dayah, Pembentukan Forum Pimpinan Dayah, Pemenuhan Sarapa dan Prasarana Dayah, TPA dan Balai Pengajian di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh

Silaturrahmi dengan Kanmenag Banda Aceh

Tradisi Musyawarah Kabinet Gemilang

Fasilitasi Dayah bersih dan sehat, Fasilitasi penghijauan Dayah, Fasilitasi Pemberdayaan Ekonomi Dayah/BI Corner, Fasilitasi Pengiriman Santri belajar bahasa Asing (Arab/Inggris) ke Pare Jawa Timur, Fasilitasi Pelatihan Penyusunan Silabus, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dayah, Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Dayah, Pelatihan Manajemen Tatakelola Dayah, Pemberian Insentif Pimpinan Dayah dan Direktut TPA/Balai Pengajian, Partisipasi Lomba Qiraatul Kutub Santri Dayah se-Aceh, Fasilitasi Beasiswa PIP, Fasilitasi Beasiswa Transisi, Fasilitasi Izin Operasional Dayah, TPA dan Balai Pengajian.
Pembentukan Forum Pimpinan Dayah

Tentunya itu semua berkat Networking yang dibangun diawal pembentukannya. Sementara Muhammad Syarif, SHI, MH. Kabid SDM dan Manajemen mengatakan pada Tahun 2018, Disdik Dayah mengusulkan berbagai program unggulan diantaranya: Program Santri Tahfidz, Sistem Informasi Dayah, Musabaqah Qiraatul Kutub, Pilot Project Sanitasi Dayah (sumor sollar cell), Sistem Informasi Dayah, legalisasi dayah, serta berbagai program peningkatan SDM lainnya.



 
Penyusunan Regulasi Pendidikan Dayah

Menerima Tamu Malaysia di Aula Pemko B.Aceh

Tepatnya 23 April 2018, Bapak Zahrol telah meninggalkan kami, beliau dilantik menjadi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh bersamaan dengan Refleksi HUT Kota Banda Aceh ke-813 Tahun. Selamat bertugas ditempat yang baru senantiasa dalam lindungan Allah. Tahniah juga kepada Bapak Tgk. Tarmizi Daud, S.Ag, M.Ag sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh. Kami akan senantiasa loyal pada setiap kebijakan pimpinan. Jika satu tahun empat bulan saya mendampingi Bapak Zajrol Fajri ada khilaf mohon dimaafkan begitupun sebaliknya.

Kamipun menyambut sang pemimpin baru Bapak Tarmizi Daud, S.Ag, M.Ag. Insya Allah jika masih dipercaya kami akan melanjutkan tradisi kegemilangan yang berjaya.  


 
Menghadiri Pelantikan Kadisdikdayah Banda Aceh


 
Siap Menerima Instruksi Kadis Baru


Selamat sekali lagi kami ucapkan kepada Bapak Tarmizi Daud dan Trimakasih kami ucapkan pada Bapak Zahrol Fajri.

*Penulis adalah Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar