2 Jan 2019

Traffic Light Simpang 5 Banda Aceh Dilengkapi Live Voice Annourcer


Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh telah memasang live voice announcer (pesan suara) yang disampaikan langsung dari Command Center Room (CCRoom) di Traffic Light Simpang 5 Kota Banda Aceh.
Pemasangan alat ini bertujuan menyampaikan pesan-pesan berlalu lintas kepada pengguna jalan raya dan mengurai kemacetan. Rencananya, alat yang sudah terpasang segera difungsikan.


Kadishub Kota Banda Aceh, Drs. Muzakkir, M.Si melalui Kabid Lalu-Lintas dan Angkutan M. Zubir, S.SiT, M.Si mengatakan, dalam waktu dekat alat itu juga akan dipasang di Simpang Lainnya jika dapat berfungsi dengan efektif.
“Melalui voice announcer tidak hanya imbauan lalu lintas yang dapat disampaikan. Melainkan apabila ada pelanggaran dapat diingatkan secara langsung melalui Command Center Room (CCRoom),” ujar Zubir.

Ia menambahkan, untuk memonitoring lalul intas di persimpangan, selama ini juga telah dipasang CCTV. Sehingga dapat terpantau situasi lalu lintas dari Command Center Room (CCRom), dan Smart Phone melalui aplikasi http://bass.bandaacehkota.go.id/.
Pemasangan VA merupakan langkah konkret pengembangan Intelligent Transport System (ITS). Zubir menyebut, VA merupakan salah satu komponen Area Traffic Control System (ATCS). Saat ini, ATCS sudah terintegrasi dengan Variable-Message Sign (VMS). Sistem ini dibangun untuk mempermudah Dishub mengawasi lalu lintas.

“Kami ada 6 petugas yang berjaga ATCS. Jika petugas melihat ada pengendara yang tidak tertib, seperti berhenti di persimpangan yang menyebabkan macet atau melewati garis henti pada zebra cross, maka petugas langsung menegur pengendara tersebut melalui VA, agar tidak berhenti sembarangan maupun mundur sampai belakang garis henti, sehingga zebra cross bisa digunakan pejalan kaki untuk menyeberang,” bebernya.

Tidak ada komentar: