11 Agu 2018

Ketika SIDARA semakin dicintai Tgk. Dayah

Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Tgk. Tarmizi M.Daud, S.Ag, M.Ag, dalam bidang pentadbiran tatakelola dayah menuju modern. Salah satu Inovasi Disdik Dayah Banda Aceh di Tahun 2018 adalah lahirnya kanal Aplikasi Sistem Informasi Dayah Terpadu yang diberi nama SIDARA.Kehadiaran Aplikasi ini memberikan warna baru dalam menyampaikan informasi perkembangan Dayah di Kota Banda Aceh.


Sejak di launching 24 Juli 2018, Aplikasi SIDARA telah memberikan warna baru dalam menyampaikan pesan dakwah berbasis online. Semua aktifitas dayah di Banda Aceh dengan mudah bisa diakses lewat satu kanal. Aplikasi ini bisa dipantau setiap hari oleh Walikota Banda Aceh Bapak Aminullah Usman dan Wakil Walikota Banda Aceh Bapak Zainal Arifin, ungkap Muhammad Syarif,SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh. 
Analisis Media SIDARA (Minggu, 12/8/2018)

Lebih lanjut Muhammad Syarif yang juga mantan Kepala UPTB e-Kinerja PNS Kota Banda Aceh mengatakan, gagasan lahirnya Aplikasi SIDARA dalam rangka memudahkan akses informasi seputar aktifitas Dayah, termasuk profil Dayah secara utuh meliputi: Jumlah guru, jumlah santri, jumlah alumni,  kompetensi guru,  materi yang diajarkan, ketrampilan siswa, fasilitas pendukung lainnya di dayah, biografi pimpinan, program unggulan dayah. Serta hal-hal lain yang diperlukan dalam menyajikan informasi seputar aktifitas dayah/pondok pesantren di Kota Banda Aceh.
Inilah komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Disdik Dayah dalam memajukan dayah di Kutaraja. Tentunya jika operator SIDARA konsisten dalam menyajikan informasi yang terang-benderang maka akan berdampak pada kecintaan warga dalam memasukkan anaknya ke dayah baik salafiyah (tradisional) maupun terpadu (modern). 

Para Operator SIDARA telah dilatih selama dua hari sejak tanggal 24-25 Juli 2018 di Aula Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh dengan menghadirkan narasumber yang mumpuni Yassir Amry, S.Kom yang juga pendiri aascenter. Hasil monev statistik media menujukkan Tgk Dayah di Banda Aceh semakin mencintai SIDARA, itu dapat dilihat dengan rating posting berita yang semakin konsisten. Ayo gunakan SIDARA sebagai ajang Dakwah dan memajukan Dayah di Kota Banda Aceh. Insya Allah kedepan akan kita bangun komunitas Sahabat SIDARA, sehingga dayah di Banda Aceh semakin memaikan peran strategisnya dalam mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariah. ungkap Muhammad Syarif.

Tidak ada komentar: