25 Jul 2018

Tgk. Tarmizi M. Daud Himbau operator SIDARA resapi ayat-ayat Kauniyah


Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Tgk. Tarmizi M.Daud, S.Ag,M.Ag terus melakukan berbagai terobosan dalam rangka menjadikan dayah sebagai peradaban nusantara. Langkah taktis dan inovatif terus dilakukan di Tahun 2018. Program Santri Tahfidz pada Dayah Salafi (Tradisional) adalah salah satu program unggulan dalam rangka memadukan tradisi Kitab Kuning dengan Kalam Ilahi yang sejak lama sudah tidak menjadi prioritas dayah salafi.


Dalam bidang pengembangan Teknologi, Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh mengembangkan Sistem Informasi Dayah Terpadu atawa lebih dikenal dengan Aplikasi SIDARA. Sebanyak 29 operator dayah dilatih selama 2 hari sejak tanggal 24-25 Juli 2018 dengan menghadirkan narasumber mumpuni dibidangnya. Lebih lanjut Tgk Tarmizi menyampaikan pesan khusu kepada Tgk. Dayah, bahwa Al-Qur`an banyak bercerita tentang urgensi teknologi dalam pengaturan tata kelolal kehidupan, termasuk dalam mengelola pemerintahan.


Apa yang kita lakukan hari ini adalah penajaman akan bukti ayat-ayat kaunyah, ungkap Alumni Dayah Mudi Mesra, Samalanga. Tgk. Tarmizi berharap agar Tgk. Dayah tidak alergi lagi dengan penggunaan teknologi informatika. Kandidat Doktor Ilmu Tafsir Hadits UIN Ar-Raniry ini berharap aplikasi yang digagas oleh sdr Muhammad Syarif, SHI, M.H, Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh ini, bisa menjadi terobosan baru sekaligus menjadi salah satu Inovasi Disdik Dayah Banda Aceh di Tahun 2018.

Tidak ada komentar: