24 Jul 2018

Disdik Dayah Banda Aceh Laksanakan Bimtek Sistem Informasi Dayah


Dalam rangka peningkatan manajemen tata kelola dayah se-Kota Banda Aceh menuju modern, Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh melatih operator website dayah dan pengelola Aplikasi Sistem Informasi Dayah atawa SIDARA. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 24 s/d 25 April 2018 di Aula Madani Center, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banda Aceh, dibuka langsung oleh Staf Ahli Walikota Banda Aceh Bapak Ir. Syukri, M.Sc.


Dalam sambutannya Ir Syukri menyampaikan, bahwa penggunaan teknologi menjadi kebutuhan mendasar dayah saat ini. Untuk itu, peran dayah dalam mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariah, harus benar-benar dimaksimalkan. Oleh karenyanya Pelatihan Sistem Informasi Dayah yang dilaksanakan oleh Disdik Dayah Banda Aceh patut diberikan apresiasi dan salah satu terobosan di Tahun 2018.

Kebutuhan akan informasi yang lengkap dan mudah, menjadi keharusan. Diantaranya Data Profil Dayah, data santri, data guru, prestasi santri, kitab yang diajarkan serta fasilitas pendukung yang ada di Dayah harus benar-benar ditambilkan dalam website dayah nantinya. Data lengkap seputar aktifitas dayah sudah menjadi data publik, sehingga kedepan dayah semakin diminati warga Kota Banda Aceh.

Sementara Muhammad Syarif, SHI, MH Kabid SDM dan Manajemen menyampaikan saat ini Disdik Dayah Banda Aceh telah melakukan berbagai terobosan guna mewujudkan dayah sebagai pusat peradaban nusantara. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini  yang diikuti oleh 29 peserta dibahani langsung oleh  Tenaga Ahli yang mumpuni, Yassir Amry, S.Kom dan Rahmad Hidayatullah, S.Kom.

Materi hari pertama pengenalan umum pengelolaan website dayah dan hari kedua penggunaan Aplikasi SIDARA. Adapun tujuan Pelatihan ini : pertama ; Melatih operator admin Website Dayah dan Aplikasi SIDARA dilingkungan Dayah Kota Banda Aceh, kedua: Mendorong terwujudnya percepatan pemutakhiran data profil dayah secara online dan terintegrasi.

Tidak ada komentar: