6 Mei 2018

Pasca dilantik Tgk. Tarmizi M. Daud, S.Ag, M.Ag Langsung Bergerak

Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh yang lahir dari perjuangan Panjang Para Pimpinan Dayah dan Para Legislatif Kota Banda Aceh adalah salah satu Instintusi baru. Keberadaan lembaga ini dulunya melekat pada Dinas Syariat Islam sejak Tahun 2008 hingga 30 Desember 2017. Akan tetapi sejak lahirnya PP No.18 Tahun 2016, dan Permendagri No.95 Tahun 2016, Disdik Dayah merupakan salah satu lembaga Keistimewaan Aceh disamping 10 Lembaga Keistimewaan Aceh.


Dalam Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 95 Tahun 2016 ada dua jenis perangkat Daerah yaitu, Pertama perangkat Daerah yang melaksanakan urusan Pemerintahan dan Kedua Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan keistimewaan dan kekhususan.
Adapun Perangkat daerah yang melaksanakan kekhususan dan keistimewaan antara lain:
1.    Kerukon Katibul Wali/Sekretariat Wali Nanggroe
2.    Dinas Syariat Islam
3.    Dinas Pendidikan Dayah
4.    Dinas Pertanahan Aceh
5.    Sekretariat Majelis Permusyawaratan Ulama
6.    Sekretariat Majelis Adat Aceh
7.    Sekretariat Majelis Pendidikan Aceh
8.    Sekretariat Baitul Mal Aceh
9.    Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh
10.  Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah
  
Pasca terjadinya pergantian Kabinet Gemilang Jilid III, Dimana sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh dijabat oleh Bapak Zahrol Fajri, S.Ag, M.H sejak 23 April 2018 resmi dijabat oleh Tgk. Tarmizi M.Daud, S.Ag, M.Ag. Tradisi yang telah dibangun oleh Pimpinan sebelumnya yaitu Program Jak Saweu Dayah sebagai bagian dari upaya menjalin silaturrahmi dengan Pimpinan Dayah terus dilanjutkan.  Para punggawa Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh sejak April gencar-gencarnya melakukan silaturrahmi dengan Pimpinan Dayah/Pesantren dan Balai Pengajian. Program Jak Saweu Dayah bagian dari upaya menjalin silaturrahmi dan sinergisitas antara Pimpinan Dayah dengan Punggawa Disdik Dayah Kota Banda Aceh yang pada akhirnya akan merajut ukhwah dalam penyusunan Program kerja kedepan, ungkap Tgk. Tarmizi.


Tidak ada komentar: