5 Mar 2018

Aminullah Usman selalu dekat dengan Ulama Dayah



Oleh: Muhammad Syarif

Galeri di Dayah Darul Hijrah Lamlagang
Walikota Banda Aceh, Bapak H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM senantiasa dekat dengan para pimpinan Dayah. Berbagai perhelatan yang dilaksanakan oleh para Pimpinan Dayah di Banda Aceh, senantiasa dihadirinya. Banda Aceh dibawah kepemimpinan putra Barsela, menempatkan ulama sebagai pelita dalam segenap aktifitas bernegara. Kalau dulu Ulama Dayah kurang mendapat perhatian, maka kini Ulama Dayah menjadi penasehat spritual sang pemimpin yang selalu energik.

Bersama Para Guru di Dayah Darul Hijrah
Melihat sosok Bang Carlos, sapaan sikulit bundar, tentu tidak bisa dipisahkan dengan Ulama Dayah. Selalu ceria, energik dan bersahaja. Maka tidak berlebihan jika Walikota yang satu ini layak disebut sebagai tokoh baru yang mencintai ulama dayah. Berbagai terobosan ia lakukan diawal kepemimpinannya. Majelis Zikir dan Pengajian Gemilang (MPG) setiap malam sabtu di Pendopo adalah terobosan baru, dan satu-satunya walikota di dunia yang melakukannya. 

Worshop Mal Pelayanan Publik
Gagasan Mal Pelayanan Publik serta berbagai terobosan lainnya terus dilakukan demi  mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai Syari`ah. Aminullah Usman juga mampu membaca keinginan warganya agar tetap bugar dan ceria. Ia pun mengandeng Mitra Bestari Jaringan Radion menggelar program Walikota Menjawab on air, car free day, pemberdayaan ekonomi ummat, pelatihan ketrampilan/life skill bagi pencari kerja atawa pemuda produktif, santunan kematian dan berbagai program pro rakyat. 

Suasana santri MPG di Pendopo
Dalam konteks pembinaan Syariat Islam beliau bermimpi suatu saat Banda Aceh menjadi Kota Zikir duina, sekaligus berupaya semaksimal mungkin melahirkan kader ulama yang Hafidz/Hafidzah. Gerakan pengiriman santri Tahfidz keluar negeri khususnya Malaysia dan Yala, Thailand menjadi bidikannya. Tentu harapan itu butuh kerja keras dan cerdas semua lini. Semua Institusi harus bergerak cepat dan seirama dalam mewujudkan mimpinya.

Dalam konteks pendidikan, H.Aminullah Usman-Zainal Arifin menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Tahap perdana Pemerintah Kota Banda Aceh pada Tahun 2017 mengirim 32 Guru SMP untuk ditraining Metode Pembelajaran dan Pada Tahun 2018 rencananya guru PAUD dan SD menjadi prioritas Pemerintah Kota Banda Aceh. 

Menjalankan Misi Dayah Gemilang
Tentu selaku ASN yang sempat menyimak beberapa program yang keluar dari lisan Aminullah Usman-Zainal Arifin bersyukur kepada Allah, agar sang pemimpin energi baru benar-benar istiqamah dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai janji politiknya. Tentu semua butuh proses dan kesabaran. Soal kedekatan mereka berdua dengan Ulama tentu tidak diragukan lagi. Wong saat masuk pendopo saja minta restu pada ulama, tentu soal kebijakan strategis sudah barang tentu.

Tidak ada komentar: